6 Makanan Super Yang Harus Dimasukkan Ke Dalam Menu Makanan Penderita Diabetes

6 Makanan Super Yang Harus Dimasukkan Ke Dalam Menu Makanan  Penderita Diabetes

6 Makanan Super Yang Harus Dimasukkan Ke Dalam Menu Makanan Penderita Diabetes--freepik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Dengan memasukkan makanan super ini dan membuat pilihan diet yang tepat, Anda dapat mengelola diabetes Anda secara efektif dan memberdayakan diri Anda untuk menjalani hidup yang sehat dan memuaskan.

Penderita diabetes adalah orang yang memiliki kondisi medis yang disebut diabetes mellitus. Makanan super seperti sayuran segar, kacang kacangan dan lemak sehat merupakan jenis yang baiknya dikonsumsi Penderita diabetes.

Diabetes mellitus adalah penyakit kronis yang memengaruhi cara tubuh menggunakan gula (glukosa), yang merupakan sumber utama energi bagi tubuh. Pada penderita diabetes, tubuh memiliki masalah dengan insulin, hormon yang membantu mengatur kadar glukosa dalam darah.

Ada beberapa jenis diabetes, tetapi yang paling umum adalah tipe 1 dan tipe 2:

BACA JUGA:Empal Gentong Cirebon, Menu Istimewa Yang Kaya Akan Rempah-Rempah

Diabetes Tipe 1. 

Pada diabetes tipe 1, tubuh tidak menghasilkan cukup insulin karena sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel yang menghasilkan insulin di pankreas.

Ini biasanya terjadi pada anak-anak dan orang muda, meskipun dapat terjadi pada usia mana pun. Pengelolaan diabetes tipe 1 membutuhkan penggunaan insulin secara teratur.

Diabetes Tipe 2. 

BACA JUGA:Artis Indonesia Yang Meninggal Secara Mendadak, Ada Yang berusia Masih Sangat Remaja!

Diabetes tipe 2 merupakan varian diabetes yang paling sering terjadi. Pada diabetes tipe 2, tubuh masih menghasilkan insulin, tetapi sel-sel tidak meresponsnya dengan baik (keadaan yang disebut resistensi insulin).

Ini menyebabkan peningkatan kadar glukosa dalam darah. Diabetes tipe 2 sering terkait dengan gaya hidup yang tidak sehat dan dapat dikendalikan dengan perubahan gaya hidup, obat-obatan, dan seringkali insulin.

Kedua jenis diabetes ini dapat menyebabkan komplikasi serius jika tidak dikelola dengan baik, seperti penyakit jantung, gangguan saraf, kerusakan mata, dan masalah ginjal.

Oleh karena itu, penting bagi penderita diabetes untuk mematuhi rencana perawatan yang direkomendasikan oleh dokter mereka, termasuk diet sehat, olahraga teratur, monitoring glukosa darah, dan minum obat sesuai petunjuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber