Awas! Bahaya Jentik Nyamuk Merajalela, 5 Langkah Ini Antisipasinya

Awas! Bahaya Jentik Nyamuk Merajalela, 5 Langkah Ini Antisipasinya

Tempat perindukan jentik-jentik nyamuk biasanya di air yang tenang seperti kolam, bak mandi, atau wadah air yang tidak terpakai.-Adina Voicu-pixabay.com/AdinaVoicu

2. Menjaga kebersihan lingkungan

Faktor kebersihan lingkungan juga sangat penting dalam membasmi jentik-jentik nyamuk. Pastikan lingkungan di sekitar rumah kita selalu bersih dari sampah dan pastikan pula tidak ada genangan air yang tidak terpakai.

BACA JUGA:Es Krim Rumahan Bunda Asri, Modal Sedikit Untung Melejit

BACA JUGA:Setelah INA2 Raih Medali Emas, ‘Satar’ Sabet Medali Perak PUBG Mobile Kategori Solo SEA Games 2023

Selain itu, kita juga harus membersihkan bak air, kolam, dan wadah air lainnya secara berkala agar tidak menjadi tempat perindukan jentik-jentik nyamuk.

3. Menggunakan larvasida

Larvasida adalah bahan kimia yang dapat digunakan untuk membunuh jentik-jentik nyamuk. Bahan ini biasanya dijual dalam bentuk tablet atau bubuk.

Cara penggunaannya dapat ditambahkan ke dalam air yang digunakan sebagai tempat minum hewan ternak atau sebagai cadangan air bersih.

BACA JUGA:Negara dengan Pertahanan Militer Paling Lemah di Dunia

BACA JUGA:Tahun Politik, Kajari Prabumulih Minta Jajaran Jaga Netralitas

Namun, penggunaan larvasida harus dilakukan dengan hati-hati dan sesuai petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan, agar tidak merusak lingkungan dan kesehatan manusia.

4. Menggunakan ikan pemakan jentik-jentik nyamuk

Cara ini kerap kita lakukan yaitu dengan memilihara ikan yang dimasukkan ke dalam bak mandi. Beberapa jenis ikan seperti ikan cupang dan ikan lele dapat digunakan sebagai predator alami jentik-jentik nyamuk.

Ikan-ikan tersebut dapat diletakkan di dalam kolam atau wadah air lainnya untuk memakan jentik-jentik nyamuk. Selain itu, ikan juga dapat membantu menjaga kebersihan air dan mencegah pertumbuhan alga atau organisme hidup.

BACA JUGA:Pria 'Otak Ngeres' Viral di Medsos Diamankan Polres Banyuasin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: hipwee.com