Awas! Bahaya Jentik Nyamuk Merajalela, 5 Langkah Ini Antisipasinya

Awas! Bahaya Jentik Nyamuk Merajalela, 5 Langkah Ini Antisipasinya

Tempat perindukan jentik-jentik nyamuk biasanya di air yang tenang seperti kolam, bak mandi, atau wadah air yang tidak terpakai.-Adina Voicu-pixabay.com/AdinaVoicu

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Serangga nyamuk kerap membuat kita risih. Apalagi jika merajalela berterbangan di dekat telinga, membuat kita jadi antusias mengejar nyamuk tersebut.

Nah, sebelum nyamuk berkembang biak, awalnya berbentuk jentik-jentik lalu berubah menjadi nyamuk. Perkembangbiakan nyamuk biasanya akibat keteledoran manusia yang malas membersihkan lingkungan rumah, sehingga menjadi tempat bersarangnya nyamuk.

Ngomong-ngomong soal nyamuk, kerap kita kenal dengan penyakit berbahaya yang diakibatkan nyamuk yaitu demam bedarah dan malaria. Salah satu cara yang efektif yaitu menghentikan perkembangbiakan nyamuk adalah ketika masih di fase jentik.

Jentik-jentik nyamuk adalah bentuk larva nyamuk yang hidup di air dan merupakan tahap awal dari siklus hidup nyamuk. Jentik-jentik ini bisa berkembang menjadi nyamuk dewasa yang dapat menularkan berbagai macam penyakit seperti demam berdarah dan malaria.

BACA JUGA:6 Parpol di Prabumulih Tidak Penuhi Kuota Bacaleg

BACA JUGA:Merasa Tak Bersalah, Tersangka Pencabulan Lakukan Sumpah Pocong

Oleh karena itu, sangat penting untuk membasmi jentik-jentik nyamuk guna mencegah penyebaran penyakit yang dapat membahayakan kesehatan.

Berikut cara membasmi jentik-jentik nyamuk:

1. Menghilangkan tempat perindukan nyamuk

Cara yang paling mudah untuk membasmi jentik-jentik nyamuk adalah dengan menghilangkan tempat perindukan mereka. Tempat perindukan jentik-jentik nyamuk biasanya di air yang tenang seperti kolam, bak mandi, atau wadah air yang tidak terpakai.

BACA JUGA:5 Pekerjaan Paling Epic di Dunia

BACA JUGA:OKB dan Fenomena Arogansi Mobil SUV

Pastikan untuk mengosongkan wadah tersebut atau menutupnya dengan rapat agar tidak tergenang air. Jika tidak memungkinkan untuk mengosongkan wadah tersebut, tambahkan larvasida ke dalam air agar jentik-jentik nyamuk tidak berkembang biak.

Lalu pastikan kalian harus rajin menguras bak mandi di rumah minimal dua minggu sekali, yang bertujuan untuk menghindari pertumbuhan jentik-jentik nyamuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: hipwee.com