5 bioreserve Yang Cocok Untuk Dijadikan Lokasi Wisata Edukasi

5 bioreserve Yang Cocok Untuk Dijadikan Lokasi Wisata Edukasi

bioreserve Yang Cocok Untuk Dijadikan Lokasi Wisata Edukasi, Wakatobi --Foto : Instagram/@pesonawakatobi.id

Betapa menakjubkan bukan? Terdapat 69 jenis karang keras, 15 jenis teripang, dan berbagai jenis penyu termasuk penyu sisik dan penyu hijau. Selain itu, Muria Jepara Karimunjawa juga memiliki kima (Kima) dan lumba-lumba hidung botol (Tursiops aduncus).

Di darat, Sahabat Pesona bisa menjelajahi hutan hujan tropis kebanggaan masyarakat setempat dan rumah bagi lebih dari 130 jenis burung dan rusa jawa (Rusa timorensis).

BACA JUGA:Pantai Tikus Emas: Wisata Pantai Alami Dengan Sentuhan Pasir Putih dan Pohon Cemara

 

5. Cagar Biosfer Merapi Merbabu Monoreh

Cagar Biosfer Merapi Merbabu Monoreh memiliki luas 254.876 hektar dan mencakup wilayah Magelang, Boyolali, Semarang, Klate, Purworejo, Magelang, Kota Salatiga, dan Kulonprogo. Salah satu daya tariknya adalah Gunung Merapi. Gunung yang merupakan salah satu gunung berapi teraktif di dunia ini memiliki bentuk kerucut dengan puncak 2.911 meter di atas permukaan laut.

Meski sedikit menegangkan karena bisa meletus kapan saja, Gunung Merapi sangat penting untuk berbagai perayaan, terutama kehidupan raja-raja zaman dahulu dan masyarakat setempat. 

Sebab, letusan Gunung Merapi yang memuntahkan lava, abu, dan mineral mampu memberikan unsur hara bagi tanah dan menjadikan kawasan sekitar Merapi sebagai salah satu kawasan tersubur di dunia. 

Kegiatan seru yang bisa lakukan di sini antara lain belajar mengenal gunung berapi di Museum Merapi, melihat Gunung Merapi dari Observatorium Kaliurang, dan Wisata Petualangan Gunung Api Kaliadem.

BACA JUGA:Meniti Sukses di Kuliner dan Hotel: Politeknik Negeri Pariwisata Menawarkan Peluang Terbaik


Cagar Biosfer Merapi Merbabu Monoreh --Foto : Instagram/@pendakisetapakjejakindonesia

Selain lima cagar biosfer di atas, kalian bisa mengeksplorasi 14 cagar biosfer lagi yaitu Lore Lindu, Cibodas, Pulau Komodo, Gunung Leuser, Pulau Siberut, Giam Siak Kecil-Bukit Batu, Bromo Tengger Sow -Arjuno, Belambangan, Rinjani Lombok, Taka Bonerate-Kepulauan Selayar, Berbak-Sembilang, Betung Kerihun Danau Sentarum Kapuas Hulu, Saleh-Moyo-Tambora (SAMOTA) dan Togean Tojo Una-Una.

Jadi tunggu apa lagi? Ayo kunjungi salah satu cagar biosfer sekarang juga sebagai destinasi wisata Anda selanjutnya dan ingatlah untuk disiplin menerapkan pola hidup sehat dimanapun Anda berada.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber