Mengingat Sekilas Sejarah Penyebaran Islam di Dunia, Indonesia Salah Satu Negara Berpengaruh dalam Syiar Islam

Mengingat Sekilas Sejarah Penyebaran Islam di Dunia, Indonesia Salah Satu Negara Berpengaruh dalam Syiar Islam

Mengingat kembali sejarah penyebaran Islam di dunia dan peran Wali Songo dalam syiar Islam di Indonesia.--Tangkapan layar youtube.com/@DarmanAppTutor

Namun ketegangan mulai muncul yang dipicu oleh perbedaan budaya dan bahasa antara Barat dan Timur Pakistan.


Wali Songo dalam film Sunan Kalijaga.--Tangkapan layar youtube.com/@DarmanAppTutor

8. Indonesia

BACA JUGA:Jangan Lewatkan Makan Sahur, Ini yang Membedakan Muslim dengan Umat Terdahulu

Pada abad ke-13 penyebaran Islam di kawasan yang disebut Indonesia pada masa kini, dimulai lewat diplomasi dan perdagangan.

Namun sebelumnya, literatur negeri Tiongkok mengkhabarkan bahwa di pesisir pantai Sumatera telah berdiri perkampungan Arab Muslim pada seperempat abad ke-7. Orang-orang Arab Muslim tersebut diberitakan menikah dengan perempuan penduduk lokal.

Masih di abad ke-7, Maharaja Sriwijaya Sri Indrawarman diberitakan dua kali berkoresponsi dengan penguasa Dinasti Umayyah, Muawiyah (661-680 M) dan Umar bin Abdul Aziz (717-719 M).

Dalam suratnya kepada Khalifah Umar Bin Abdul Aziz, Sri Indrawarman meminta kepada penguasa Dinasti Umayyah tersebut agar mengirimkan seorang ulama ke Bumi Sriwijaya (Palembang) untuk mengajarkan Islam.

BACA JUGA: Pelajari 8 Tradisi Dari Berbagai Daerah di Indonesia Dalam Menyambut Ramadhan, Bulan Yang Penuh Hikmah dan Nu

Korespondensi antara Maharaja Sriwijaya Sri Indrawarman dengan penguasa Dinasti Umayyah pada abad ke-7 tersebut, dimuat dalam laporan penelitian Fatimi dengan judul Two Lettters From The Maharaja To The Khalifah.

Pulau Sumatera dan Jawa adalah pusat pertama penyebaran Islam yang ditandai dengan banyak muncul Kesultanan, di antaranya Aceh dan Demak.

Peran penting pergerakan dalam menyebarkan agama Islam ini tak lepas dari andil para pedagang Muslim dan Ulama.

Mereka bersatu memperkuat identitas Islam di wilayah kepulauan Nusantara, dengan mendirikan banyak sekolah Islam.

BACA JUGA:Ramadan Segera Tiba, Jangan Sampai Terlambat Membayar Utang Puasa, Ini Hukumnya!

Dikenal dengan sebutan Wali Songo, keberhasilan para Ulama Sembilan Sufi ini dalam mensyiarkan Islam di Pulau Jawa, sukses mengantarkan Indonesia menjadi Negara untuk populasi penduduk Muslim terbesar di dunia.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber