Mengingat Sekilas Sejarah Penyebaran Islam di Dunia, Indonesia Salah Satu Negara Berpengaruh dalam Syiar Islam

Mengingat Sekilas Sejarah Penyebaran Islam di Dunia, Indonesia Salah Satu Negara Berpengaruh dalam Syiar Islam

Mengingat kembali sejarah penyebaran Islam di dunia dan peran Wali Songo dalam syiar Islam di Indonesia.--Tangkapan layar youtube.com/@DarmanAppTutor

Abad ke-16 Dinasti Safawiyah mengukuhkan Islam Syiah sebagai madzhab resmi serta identitas nasional Iran.

BACA JUGA:Salat Tarawih dan Witir di Masjidil Haram 13 Rakaat, 7 Imam Pimpin Bergantian


Taj Mahal di India.--freepik.com/@rawpixel.com

5. India

Dengan pengaruh budaya yang masuk secara signifikan, pada abad ke-7 Islam tiba ke India lewat jalur perdagangan dan invasi.

Hingga Abad ke-12 Muhammad Ghori menginisiasi berdirinya Kekhalifahan Delhi yang menginspirasi seni rupa Islam serta arsitektur monumental, salah satunya Qutub Minar.

Islam di India mencapai puncaknya saat pemerintahan Akbar di abad ke-16 sampai ke-19. Taj Mahal menjadi satu bangunan bersejarah peninggalan Dinasti Mughal kala itu dan masih mahsyur sampai saat ini.

BACA JUGA:Pembelajaran dan Libur Siswa Madrasah selama Ramadan, Berikut Edaran Kemenag

Meskipun India memiliki komunitas Muslim yang besar, terjadi perpindahan signifikan antara Muslim dan Hindu karena terjadi perpecahan India dan Pakistan pada tahun 1947.

6. Pakistan

Terbentuknya Pakistan tahun 1947 adalah hasil perjuangan pemimpin seperti Muhammad Ali Jinnah, sebagai bentuk langkah melindungi hak serta identitas umat Islam di India Britania.

Di abad ke-7 di saat Pakistan masih dipimpin oleh kekaisaran Hindu-Buddha, masuklah masa kepemimpinan Sultan Delhi dan kekaisaran Mughal dengan menciptakan pusat keilmuan dan seni Islam, serta fondasi budaya dan intelektual.

BACA JUGA:DMI Perwakilan Sumsel Dukung Aturan Penggunaan Pengeras Suara selama Ramadan

7. Bangladesh

Melalui Jalur perdagangan dan kontak pedagang Muslim, Islam sampai ke Bangladesh pada abad ke-8. Menjadi bagian Kesultanan Delhi dan Kaisar Mughal dengan pengaruh budaya dan administratif Islam, pasca terbaginya India dan Pakistan tahun1947.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber