Mengingat Sekilas Sejarah Penyebaran Islam di Dunia, Indonesia Salah Satu Negara Berpengaruh dalam Syiar Islam

Mengingat Sekilas Sejarah Penyebaran Islam di Dunia, Indonesia Salah Satu Negara Berpengaruh dalam Syiar Islam

Mengingat kembali sejarah penyebaran Islam di dunia dan peran Wali Songo dalam syiar Islam di Indonesia.--Tangkapan layar youtube.com/@DarmanAppTutor

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Bulan Ramadan adalah bulan ilmu sebagai momentum menempa sumber daya insani. Saking pentingnya hingga disebutkan kewajibannya sejak awal sampai akhir nafas kehidupan.

Wahyu pertama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW yakni Iqra' yang artinya bacalah, menggambarkan secara gamblang menyuruh manusia untuk belajar.

Sebab, ilmu pengetahuan akan jadi kekuatan tak tertandingi layaknya sejarah bangsa-bangsa Islam yang berkuasa dari masa ke masa hingga saat ini.

Mengawali periode ibadah suci Ramadan, kita bangkitkan lagi kesadaran tentang keberadaan Islam dalam tonggak sejarah yang besar.

BACA JUGA:Meninggalkan Shalat Tarawih karena Kerja Shift Malam: Panduan dan Hukumnya

Di antaranya sejarah penyebaran Islam di dunia yang dalam penyebarannya ada 8 Negara berperan penting, berikut kedelapan Negara Tersebut.

1. Arab Saudi

Sebagai kota suci Islam, Makkah menjadi tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW. Peran Kota ini sangat sentral saat Islam pertama kali disebarkan di Semenanjung Arab abad ke-7 Masehi.

Di sinilah Nabi Muhammad SAW mendeklarasikan Islam pertama kali dan mengawali dakwahnya usai hijrah ke Madinah di tahun 622 M.

BACA JUGA:Hati-Hati ! Beberapa Perkara ini yang Dapat Merusak Pahala Puasa, jangan sampai dilakukan !


Ilustrasi malam kelahiran Nabi Muhammad SAW dalam film Muhammad: The Messenger Of God (2015).--Tangkapan layar youtube.com/@islamhistory6652

Nabi Muhammad SAW wafat pada tahun 632 M. Kaum Muslimin kemudian dipimpin oleh Khalifah Abu Bakar, terus diikuti Khalifah Umar hingga menaklukkan Suriah, Mesir, dan Persia.

Dilanjutkan Khalifah Utsman berhasil taklukkan Persia, Afrika Utara, dan Asia Tengah. Hingga kekhalifahan beralih ditangan Ali, wilayah Islam semakin diperluas sampai ke Anatolia.

Usai masa kepemimpinan para Sahabat Nabi, Islam diperintah Bani Umayyah dan Abbasiyah hingga ilmu pengetahuan, budaya, dan pemikiran teologis sebagai tanda puncak keemasan pada masa itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber