Perbedaan Antara Internet dan Ethernet dan Serta Penting Keduanya.

Perbedaan Antara Internet dan Ethernet dan Serta Penting Keduanya.

Perbedaan Antara Internet dan Ethernet dan Serta Penting Keduanya --Gambar : freepik.com

Pengertian Ethernet

Ethernet adalah jaringan komputer yang menggunakan kabel untuk mentransfer data antar komputer dan perangkat lain di jaringan area lokal (LAN). Selain menyambungkan komputer ke komputer, kabel Ethernet juga dapat menyambungkan komputer ke printer dan komputer ke Wi-Fi.

BACA JUGA: Krisis Siber Rusia! Kehancuran Internet Konspirasi dan Gejolak Pemilihan Presid


Ethernet adalah jaringan komputer yang menggunakan kabel untuk mentransfer data antar komputer dan perangkat lain --Foto : Freepik.com/@konten luar biasa

Sistem ini bekerja dengan sangat mudah. Ethernet memiliki komputer yang bertindak sebagai server. Server ini terhubung ke perangkat elektronik lainnya (klien) menggunakan perangkat yang disebut switch atau kabel. Server dapat mengelola file di komputer klien, dan komputer klien dapat berbagi file dengan komputer klien lainnya.

Menurut definisi, Ethernet memungkinkan komputer dan perangkat lain berkomunikasi dengannya meskipun tidak tersambung ke Internet. kamu bisa . Fakta sederhana bahwa Ethernet tidak memiliki Internet berarti pekerja kantoran tidak dapat mengakses Google, YouTube, Slack, aplikasi dan situs web lain, namun mereka masih dapat mengakses dokumen yang disimpan oleh karyawan lain di komputer lain.

Contoh lain dari jaringan Ethernet adalah saat Anda berada di warnet. Anda dapat mengakses video atau film yang disimpan oleh pelanggan lain tanpa mengakses Internet. Selain itu, Anda juga dapat mengirimkan dokumen yang ingin dicetak oleh administrator.

Anda dapat terhubung tanpa Internet, namun Ethernet dan Internet juga dapat digabungkan. Cara pertama adalah dengan menyambungkan salah satu ujung kabel Ethernet atau UTP ke komputer atau laptop Anda dan ujung lainnya ke switch atau ponsel yang terhubung ke router Anda.

BACA JUGA:Web Browser Digunakan Untuk Apa? Inilah 12 Fungsi Dari Software Web Browser Dalam Menjelajah Internet!

Setelah instalasi selesai, saatnya melakukan konfigurasi. Artinya kamu klik Setting di laptop kamu, pilih Network and Internet Settings, pilih Change adapter setting, klik kanan menu Internet, pilih Properties, Internet Protocol Version 4, dan klik lagi Properties Masukkan alamat IP dan DNS Anda (ini dapat dilakukan secara otomatis) dan klik OK.

Ethernet, pertama kali ditemukan pada tahun 1980an, masih digunakan di bisnis, sekolah, dan kantor pemerintah. Selain dapat mengirimkan data dengan cepat, transmisi data melalui Ethernet juga sangat aman karena keterbatasan akses.

 

Perbedaan Internet dan Ethernet

Dari pembahasan mengenai pengertian di atas, berikut ini beberapa perbedaan antara kedua jaringan komputer ini:

Jangkauan internet lebih luas dibandingkan dengan ethernet. Internet menjangkau jaringan WAN (Wide Area Network), sementara ethernet menjangkau area yang lebih kecil, entah itu Local Area Network (LAN) atau Metropolitan Area Networks (MAN).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber