Tips Atur Strategi Keuangan Untuk Liburan

Tips Atur Strategi Keuangan Untuk Liburan

Ilustrasi merencanakan wisata keliling dunia.-Pam Patterson-pixabay.com/Pamjpat

Setelah  memutuskan tujuan, harus menentukan atau menambahkan rincian biaya yang diperlukan untuk liburan. Selain biaya besar seperti tiket pesawat dan akomodasi, harus dipertimbangkan juga hal-hal kecil seperti makan sehari-hari, tiket masuk tempat wisata, belanja suvenir dan transportasi/sewa mobil.

Perencanaan yang tepat, dapat menghindari pengeluaran tak terduga atau kehabisan uang saat berlibur.

BACA JUGA:Jangan Biarkan Laptop Anda Panas, Lakukan Cara Ini Agar Awet

BACA JUGA:Kenali 7 Khasiat Bunga Telang yang Jarang Diketahui

3. Persiapan keuangan

Sampai di sini, Anda sudah memiliki perkiraan berapa banyak waktu yang dihabiskan bersama keluarga Anda. Jika Anda membutuhkan banyak uang, mulailah menabung jauh sebelum liburan.

Tentukan sumber dana yang akan Anda gunakan untuk menabung. Apakah Anda harus menyisihkan gaji bulanan, bonus atau sumber penghasilan lainnya. Kemudian putuskan berapa banyak uang yang akan disisihkan setiap bulan sampai Anda mencapai tujuan Anda.

4. Jangan membeli yang tidak dibutuhkan

BACA JUGA:Mengulang Kejayaan 2 Tahun Lalu, Timnas PUBG Mobile Indonesia Sabet Medali Emas SEA Games 2023 Kamboja

BACA JUGA:Hendak Mengecek Mesin Mobil, Habib Bahar bin Smith Ditembak OTK

Saat berlibur, tentu ada keinginan membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang. Bisa dibagikan ke keluarga, teman terdekat dan lainnya. Pastikan hanya membeli apa yang dibutuhkan. Hal ini dilakukan untuk menghindari pengeluaran yang tak perlu.

Berlibur memang perlu persiapan. Tidak hanya soal keuangan tapi juga perlu mempersiapkan kesehatan. Sehingga saat libur telah tiba, maka perjalanan liburan akan menyenangkan.

Itulah beberapa tips untuk membantu Anda mengatur keuangan saat ingin berlibur agar tidak melebihi budget. Masalah keuangan dan anggaran menjadi salah satu hal yang harus dipersiapkan sebelum pergi berlibur.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber