Tips Atur Strategi Keuangan Untuk Liburan

Tips Atur Strategi Keuangan Untuk Liburan

Ilustrasi merencanakan wisata keliling dunia.-Pam Patterson-pixabay.com/Pamjpat

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Liburan sekolah bulan Juni sudah dekat. Ini merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang.

Biasanya orang tua seringkali mengambil cuti sejenak dari pekerjaan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Tidak sedikit keluarga yang pergi merencanakan liburan, baik di dalam negeri maupun keluar negeri. Seperti destinasi wisata ke Yogyakarta, Bali atau sekedar menginap di hotel. Ada juga yang ingin berwisata ke negara tetangga seperti Singapura atau tur Eropa dengan paket liburan tertentu.

Selain destinasi, banyak hal penting yang harus dipersiapkan agar liburan dengan keluarga nyaman dan menyenangkan. Antara lain, memperhatikan detail seperti rute/jadwal, pilihan akomodasi dan transportasi, persyaratan asuransi kesehatan (untuk perjalanan ke luar negeri), dan lain-lain.

BACA JUGA:Jreng Jreng! Inilah Daftar Tarif Tiket Konser Coldplay

BACA JUGA:Membuat Keputusan yang Bijaksana, Langkah Selanjutnya Setelah Tamat SMA

Sebelum pergi berlibur, pastikan  sudah melakukan beberapa perencanaan keuangan terlebih dahulu agar semuanya berjalan lancar. Tanpa perencanaan keuangan yang tepat, liburan bisa menimbulkan masalah keuangan. Nah, untuk menghindari situasi tersebut, berikut beberapa tips merencanakan liburan.

1. Tentukan tujuan wisata

Untuk menikmati liburan yang menyenangkan, ada baiknya jika destinasi yang akan dikunjungi sudah ditentukan. Hindari memilih item secara impulsif karena  menghadapi situasi yang tidak terduga. Bicaralah dengan anak dan pasangan tentang tempat-tempat yang ingin dikunjungi.

Jika perlu, destinasi dan paket wisata yang akan dibeli dapat didiskusikan dengan keluarga. Pastikan jika mengajak liburan anak kecil, lokasi dan fasilitas wisata aman buat anak. Selain itu, harus betul menghitung anggaran yang akan dikeluarkan. Penetapan tujuan ini juga dapat didasarkan pada batas anggaran maksimum yang dapat digunakan. Karena beda tujuan wisata, beda pengeluaran.

BACA JUGA:Ragit Khas Palembang Penggoyang Lidah

BACA JUGA:Video: Heri Amalindo Komandoi FKPPI Kota Palembang

Misalnya biaya liburan ke luar negeri akan mahal biaya membeli tiket pesawat, mendapatkan visa, dan lain sebagainya. Di sisi lain, biaya liburan domestik lebih murah karena biaya tiket dan akomodasi lebih murah. Yang harus dilakukan adalah memilih tujuan yang sesuai dengan anggaran.

2. Merinci pengeluaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber