Enak dan Bergizi! Tepek Ikan, Kudapan Tradisional Khas Jambi

Enak dan Bergizi! Tepek Ikan, Kudapan Tradisional Khas Jambi

Enak dan Bergizi! Tepek Ikan, Kudapan Tradisional Khas Jambi--instagram.com/@wisata kotajambi

500 gr daging ikan giling (kakap/gabus/tenggiri/seluang dll), 300 ml air, 300 gr sagu tani, 1 butir telur, 15 gr garam (sesuai selera)

Bahan Gulai: 1 liter santan sedang, 100 gr Cabe merah, 50 gr Cabe rawit (jika suka pedas), 15 btr Bawang merah, 10 btr Bawang putih, 2 bh Kemiri, 2 ruas jari Kunyit, 2 batang Serai, geprek dan secukupnya Gula garam.

BACA JUGA:Ratusan Emak Serbu Sembako Murah Tak Sedikit Pulang Dengan Tangan Hampa

Cara Pembuatan:

Pembuatan Tepek : Dinginkan daging ikan dalam freezer selama sekitar 30 menit. Keluarkan dan masukkan dalam wadah.

Campurkan air dan telur, aduk hingga rata dengan tangan sampai ikan larut. Tambahkan garam, aduk rata sambil diremas dengan tangan sampai adonan mulai padat dan tidak transparan lagi.

Masukkan sagu tani, aduk perlahan dengan jari hingga rata. Pastikan semua daging ikan tercampur dengan tepung. Sisihkan. Olesi loyang dengan minyak sayur.

BACA JUGA:Ternyata 5 Hal Ini Dapat Mengakibatkan Handle Rem Motor Blong!

Masukkan adonan ikan ke dalam loyang, jangan terlalu banyak agar matangnya merata. Ratakan bagian atasnya dengan bawah sendok yang sudah dicelupkan ke air.

Kukus hingga matang. Ulangi hingga semua adonan habis. Angkat dan dinginkan. Potong sesuai selera. Tepek siap untuk diolah.

Pembuatan Gulai Tepek : Giling halus semua bumbu kecuali serai. Tambahkan irisan nenas, untuk mendapatkan cita rasa segar pada kuah.

Panaskan santan dengan api sedang hingga mendidih. Aduk-aduk agar santan tidak pecah. Masukkan bumbu halus dan serai, masak hingga bumbu menyatu dan santan mulai menyusut.

BACA JUGA:Perhatikan 5 Hal Ini Dalam Melakukan Penggantian Minyak Rem Pada Sepeda Motor!

Beri gula dan garam sesuai selera. Masukkan potongan nenas, aduk rata. Tambahkan potongan tepek ikan, masak hingga mengental. Koreksi rasa. Pastikan rasanya manis asam dan asinnya seimbang. Angkat dan sajikan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber