Perhatikan 5 Hal Ini Dalam Melakukan Penggantian Minyak Rem Pada Sepeda Motor!

Perhatikan 5 Hal Ini Dalam Melakukan Penggantian Minyak Rem Pada Sepeda Motor!

Perhatikan 5 Hal Ini Dalam Melakukan Penggantian Minyak Rem Pada Sepeda Motor!--Foto: instagram-planetban

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Cara melakukan penggantian minyak rem pada sepeda motor tentunya perlu diketahui oleh para pengendara.

Minyak rem ini tentunya mempunyai peran yang sangat penting dalam menghentikan laju sepeda motor pada saat digunakan berkendara.

Jika kondisi dari minyak rem ini sudah keruh, maka perlu untuk segera diganti. Cara kerja dari minyak rem ini sendiri yaitu dengan mengalir dari tuas menuju kaliper rem dan akan membentuk tenaga pada kampas rem.

Jadi bukan hanya kampas rem yang dapat membuat rem blong namun juga minyak rem. Jika volume minyak rem ini berkurang dan bercampur dengan udara, maka tenaga yang disalurkan menjadi tidak maksimal dan dapat mengakibatkan kondisi rem blong.

Udara dapat masuk jika pengendara melakukan cara yang salah dalam mengganti minyak rem motor. Udara tersebut dapat dilihat dari gelembung yang terdapat pada selang pada saat melakukan pengisian minyak rem.

Berikut ini beberapa cara dan langkah yang perlu diperhatikan oleh para pengendara saat melakukan penggantian minyak rem pada sepeda motor dengan cara yang tepat.

BACA JUGA:Amerika dan Inggris Lakukan Serangan Udara ke kota Yaman, Sasar 18 Kawasan Militer

Memasang Selang Kecil Transparan Pada Niple Bleeder

Pengendara perlu memasang selang yang telah dipersiapkan sebelumnya pada baut bleeder, selang ini mempunyai fungsi untuk dapat mengeluarkan minyak rem motor nantinya.

Cara yang dapat dilakukan oleh pengendara yaitu dengan membuka baut bleeder terlebih dahulu menggunakan kunci ring dengan ukuran yang sesuai.

Jika baut bleeder ini telah terbuka, maka pengendara dapat memasang salah satu ujung selang pada baut yang sebelumnya telah terbuka.

Pengendara perlu memastikan kondisi kunci ring masih terpasang, selanjutnya biarkan ujung selang yang satunya lagi ke wadah untuk dapat menampung minyak rem motor yang lama.

Mengeluarkan Minyak Rem Motor Lama

Sebelum mengeluarkan minyak rem motor yang lama, pengendara perlu untuk membuka niple bleeder terlebih dahulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber