Ternyata 5 Hal Ini Dapat Mengakibatkan Handle Rem Motor Blong!

Ternyata 5 Hal Ini Dapat Mengakibatkan Handle Rem Motor Blong!

Ternyata 5 Hal Ini Dapat Mengakibatkan Handle Rem Motor Blong!-freepik-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Rem pada sepeda motor merupakan komponen yang penting dan sangat berpengaruh terhadap keamanan dan keselamatan pengendara saat berada di perjalanan.

Hal ini dikarenakan fungsi rem yang sangat vital yaitu untuk dapat memperlambat atau menghentikan laju dari sepeda motor. Salah satu kondisi akibat kerusakan pada komponen ini yaitu terjadinya handle pada rem blong pada sepeda motor sehingga rem motor tidak dapat berfungsi dengan baik.

Kondisi dari handle rem motor yang blong tentunya akan sangat membahayakan bagi para pengendara dan pengguna jalan lainnya. Terlebih lagi jika pengendara sedang berada di jalanan yang menurun dan kondisi lalu lintas yang sedang ramai.

Oleh karena itu, pengendara perlu mengetahui apa saja yang dapat menjadi penyebab handle rem motor blong agar dapat lebih berhati-hati saat sedang berkendara.

Berikut ini beberapa hal yang dapat menjadi penyebab dari kondisi handle rem pada sepeda motor yang blong tentunya dapat membahayakan para pengendara saat berada di perjalanan.

BACA JUGA:Perhatikan 5 Hal Ini Dalam Melakukan Penggantian Minyak Rem Pada Sepeda Motor!

Aliran Minyak Rem Motor Mengalami Penyumbatan

Minyak rem motor mempunyai peran yang sangat penting terhadap terjadinya proses pengereman. Jika aliran minyak rem motor ini mengalami penyumbatan, maka tekanan hidrolis ke bagian sistem pengereman tentu tidak akan dapat terjadi.

Hal ini akan mengakibatkan sepeda motor menjadi lepas kendali, meskipun handle rem motor telah ditekan hingga mendalam.

Penyumbatan yang terjadi pada aliran minyak rem motor ini umumnya diakibatkan oleh adanya debu atau kotoran.

Lubang suplai yang hanya berukuran 1 sampai 2 mm ini tentunya akan mengganggu aliran minyak rem motor jika terdapat sedikt saja debu atau kotoran yang masuk.

Minimnya Pasokan Minyak Rem Motor

Minyak rem motor termasuk salah satu komponen pada sepeda motor yang kondisinya sangat perlu untuk diperhatikan.

Pada umumnya, minyak rem motor ini perlu untuk dilakukan penggantian setahun sekali. Handle rem motor dapat mengalami blong jika minyak rem motor mempunyai kualitas yang buruk dan jumlahnya yang kurang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber