Mempunyai Fungsi Penting Dalam Pengereman! 6 Komponen Inilah yang Membuat Lampu Rem Mobil Dapat Menyala

Mempunyai Fungsi Penting Dalam Pengereman! 6 Komponen Inilah yang Membuat Lampu Rem Mobil Dapat Menyala

Mempunyai Fungsi Penting Dalam Pengereman! 6 Komponen Inilah yang Membuat Lampu Rem Mobil Dapat Menyala-freepik-freepik

Fungsi dari komponen lampu rem tentunya tidak akan mampu bekerja jika tidak terdapat komponen lampu untuk menghasilkan cahaya. Komponen lampu inilah yang akan bekerja untuk dapat menghasilkan cahaya pada saat pengemudi melakukan pengereman.

Pada umumnya komponen lampu ini menjadi satu dengan lampu kota dan terletak pada bagian belakang mobil.

Kabel

Sistem kelistrikan tentunya membutuhkan kabel untuk dapat menghantarkan arus listrik antar komponen. Pada umumnya kabel ini mempunyai jumlah yang begitu banyak untuk dapat menghubungkannya dari sumber listrik pada berbagai komponen termasuk lampu rem mobil.

Baterai

Baterai merupakan komponen utama untuk dapat menyediakan daya listrik sehingga sistem penerangan pada mobil dapat menyala. Baterai atau accu mobil ini mempunyai fungsi untuk dapat menyimpan dan mengalirkan daya listrik. Accu mobil ini juga akan mengalirkan listrik untuk dapat membuat lampu rem menjadi menyala saat pengemudi melakukan pengereman.

BACA JUGA:Inisiatif Kemenkumham Sumsel untuk Mendorong Berbasis HAM di Kota Lubuklinggau

Fuse

Komponen fuse atau sekering mempunyai fungsi untuk dapat mengamankan sistem kelistrikan. Fuse mempunyai peran yang sangat besar, karena pada sistem kelistrikan bisa saja terjadi hubungan arus pendek atau terjadinya korsleting.

Terjadinya korsleting ini dapat merusak berbagai komponen lainnya termasuk lampu rem mobil sehingga membuatnya menjadi tidak dapat bekerja kembali.

Pada saat korsleting ini terjadi maka akan terdapat lebih banyak komponen yang perlu untuk dilakukan perbaikan.

Fuse atau sekering dapat mencegah terjadinya korsleting, jika hubungan arus terlalu besar maka kondisi yang akan terjadi yaitu komponen fuse atau sekering menjadi putus.

Saklar Rem

Saklar rem atau brake switch merupakan komponen yang mempunyai fungsi sebagai penghubung dari baterai menuju ke komponen.

Selain dapat menghubungkan tentunya saklar rem juga dapat memutuskan arus listrik, komponen ini mempunyai fungsi yang sangat penting yaitu sebagai pengendali arus listrik dari baterai ke lampu rem.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber