Mengungkap Semua Tentang Cloud EV: Spesifikasi Terbaru dan Kisaran Harga Mobil Listrik Wuling

Mengungkap Semua Tentang Cloud EV: Spesifikasi Terbaru dan Kisaran Harga Mobil Listrik Wuling

Mengungkap Semua Tentang Cloud EV: Spesifikasi Terbaru dan Kisaran Harga Mobil Listrik Wuling--instagram.com/@indra_fathan

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Kabar tentang kehadiran Wuling Cloud EV di Indonesia menjadi perbincangan hangat di tahun 2024. Berbagai indikasi, mulai dari pendaftaran paten hingga foto mata-mata yang beredar di internet, mengisyaratkan bahwa mobil listrik ini akan segera meluncur di pasar otomotif Tanah Air. 

Untuk memahami lebih dalam tentang mobil ini, penting untuk melihatnya dari versi yang telah diluncurkan di China sebelumnya.

Wuling dapat dianggap sebagai pelopor merek otomotif China yang memperkenalkan mobil listriknya di Indonesia. 

Perjalanan ini dimulai dengan peluncuran Air EV pada tahun 2022, diikuti oleh Binguo EV sekitar setahun kemudian. 

BACA JUGA:Pergeseran Hasil Rekapitulasi TPS ke Kecamatan di Kabupaten Ogan Ilir

Satu hal yang mencolok dari mobil-mobil listrik Wuling yang hadir di Indonesia adalah sebagian besar sudah terlebih dahulu diluncurkan di pasar China.

Sorotan pertama terhadap kehadiran Cloud EV di Indonesia muncul ketika SAIC GM Wuling Automobile Co., Ltd yang berbasis di Guangxi, China, mendaftarkan merek paten Cloud EV di Indonesia. 

Kemudian pada bulan Desember 2023, foto mata-mata sebuah mobil yang diduga sebagai Cloud EV tengah diuji coba di jalan-jalan Indonesia dengan bodi yang dilapisi kamuflase.

Sebagai catatan, mobil ini sebenarnya telah lebih dulu diluncurkan di negara asalnya, China, pada tanggal 10 Agustus 2023 dengan nama Baojun Cloud alias Yunduo yang memiliki arti yang sama, yaitu awan. Baojun sendiri berada dalam satu grup dengan Wuling di bawah joint venture GM-SAIC-Wuling.

BACA JUGA:6 TPS Belum Kirimkan Logistik ke PPS Ario Kemuning Palembang

Di China, Cloud EV hadir dalam beberapa varian dengan rentang harga antara 95.800 hingga 123.800 yuan atau sekitar Rp207,6 juta hingga Rp268,3 juta. 

Harga ini sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan Binguo EV yang dijual mulai dari 59.800 yuan atau sekitar Rp129,6 juta. 

Varian Cloud EV di China terdiri dari 360 Plus, 360 Pro, 460 Pro, dan 460 Max, dengan tiga pilihan warna: putih, ungu, dan hijau.

Secara desain, Cloud EV menampilkan eksterior yang mengedepankan garis-garis membulat. Ciri khasnya terlihat di bagian depan yang memiliki bentuk bertumpuk dari bagian hood hingga bumper, sesuai dengan tema awan yang diusung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber