3 Tugas Penting Seorang Suami Menurut Ajaran Islam

3 Tugas Penting Seorang Suami Menurut Ajaran Islam

3 Tugas Penting Seorang Suami Menurut Ajaran Islam--Foto : Freepik.com/freepik

BACA JUGA:Hukum Menikahi Perempuan yang Ditinggal Pergi Suaminya Tanpa Kabar

3. Menjadi Pembimbing

Sebagai pemimpin keluarga, suami bertanggung jawab atas pembimbingan istri dan anak-anaknya. Suami memiliki wewenang untuk membimbing istri dalam menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih taat kepada Allah. Namun, hal ini harus dilakukan dengan cara yang penuh kebijaksanaan dan kasih sayang.

Meskipun suami memiliki hak untuk mengingatkan istri dan anak-anaknya atas tindakan yang kurang baik atau membahayakan agama, namun ia harus mengambil pendekatan persuasif dan sabar.

Keberhasilan dalam peran ini juga melibatkan memberikan nasihat dan dukungan kepada istri dalam segala hal yang berkaitan dengan kebaikan dan kemaslahatan keluarga.

BACA JUGA:Rezeki Anda Seret? Lakukan Ini, Banyak yang Tidak Tahu Ajak Istri Belanja adalah Magnet Rezeki Suami


Suami bertanggung jawab atas pembimbingan istri dan anak-anaknya.--Foto : Freepik.com/freepik

Dengan demikian, peran seorang suami dalam Islam tidak hanya terbatas pada memberi nafkah materi, tetapi juga meliputi aspek pendidikan agama dan moral serta pembimbingan keluarga menuju kebaikan dan kemaslahatan bersama.

Suami yang memahami dan menjalankan tugas-tugas ini dengan baik akan menjadi pondasi keluarga yang kokoh dan harmonis sesuai dengan ajaran Islam.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: islam.nu.or.id