Jenis Suspensi atau Shockbreaker? Inilah Perbedaan Suspensi Depan dan Suspensi Belakang Pada Sepeda Motor!

Jenis Suspensi atau Shockbreaker? Inilah Perbedaan Suspensi Depan dan Suspensi Belakang Pada Sepeda Motor!

Jenis Suspensi atau Shockbreaker? Inilah Perbedaan Suspensi Depan dan Suspensi Belakang Pada Sepeda Motor--Foto : Instagram.com/@utamabarumotor

BACA JUGA:Keunggulan Mobil Daihatsu Xenia! Kestabilan, Kesejukan Suspensi, dan Performa Tangguh untuk Road Trip


Suspensi depan atau yang dikenal juga dengan Front Suspension merupakan jenis komponen suspensi pada sepeda motor--Foto : Instagram.com/@layzmotor

 

Pada suspensi depan jenis yang kedua ini terdapat dua buah garpu yang terdapat pada steering yoke. Garpu tersebut akan bekerja dengan memanfaatkan getaran pegas dan oli minyak, pegas akan menampung getaran dan benturan roda dari permukaan jalan.

Sementara oli garpu akan mencegah getaran agar tidak diteruskan pada batang kemudi. Lalu untuk jenis yang ketiga yaitu Upside Down, jenis suspensi ini hanya digunakan untuk jenis motor besar.

Secara umum cara kerja dan bentuknya mirip dengan jenis garpu, perbedaannya hanya terletak pada fluida rem dan berada pada bagian atas.

BACA JUGA:Cara Mengoptimalkan Kinerja Suspensi Mobil untuk Kenyamanan Berkendara

 

Suspensi Belakang

Suspensi belakang atau yang juga dikenal sebagai rear suspension ini terletak pada bagian roda belakang dari sebuah sepeda motor.

Jenis suspensi belakang ini juga mempunyai beberapa jenis. Jenis pertama yaitu twin shock yang mempunyai bentuk H dan pada kedua sisi mempunyai komponen sistem suspensi yang baik untuk dapat meredam guncangan.

Jika dibandingkan dengan jenis suspensi belakang yang lainnya, suspensi twin shock ini lebih kuat dalam menahan beban.

Jenis suspensi belakang yang kedua yaitu monoshock, jenis suspensi ini lebih sering digunakan untuk sepeda motor jenis matic atau sepeda motor jenis bebek biasa.

BACA JUGA:Inilah Alasan Mengapa Mengganti Shockbreaker Harus Sepasang


Suspensi belakang atau yang juga dikenal sebagai rear suspension ini terletak pada bagian roda belakang--Foto : Instagram.com/@mydigioto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber