Jenis Suspensi atau Shockbreaker? Inilah Perbedaan Suspensi Depan dan Suspensi Belakang Pada Sepeda Motor!

Jenis Suspensi atau Shockbreaker? Inilah Perbedaan Suspensi Depan dan Suspensi Belakang Pada Sepeda Motor!

Jenis Suspensi atau Shockbreaker? Inilah Perbedaan Suspensi Depan dan Suspensi Belakang Pada Sepeda Motor--Foto : Instagram.com/@utamabarumotor

 

Kelebihan pada jenis suspensi monoshock ini yaitu pada peredam yang dapat bekerja dengan lebih stabil sehingga sepeda motor menjadi mudah untuk dikendalikan seperti pada saat sedang menikung.

Jenis suspensi monoshock ini dulunya hanya digunakan untuk jenis motor balap, namun saat ini kegunaannya menjadi lebih meluas. Setiap sepeda motor tentunya selalu dilengkapi dengan kedua jenis suspensi ini baik itu suspensi depan maupun suspensi belakang.

Pada saat sepeda motor melintasi jalanan yang tidak rata maka bagian setang dan body motor tidak akan mendapatkan getaran yang parah. Penggunaan sepeda motor tentunya akan menyebabkan fungsi dari suspensi menjadi semakin berkurang efektif seiring berjalannya waktu.

Sehingga penggunaan komponen suspensi ini juga tidak terlepas untuk dilakukan perawatan agar dapat memastikan kebersihan komponen suspensi dari kotoran yang menempel.

BACA JUGA: Sering Melewati Jalan Rusak?. Ini 8 Cara Jaga Shockbreaker Motor Agar Awet

Pada saat melakukan pemeriksaan kondisi suspensi, pengendara juga perlu untuk melakukan pemeriksaan kondisi seal.

Karena jika kondisi suspensi terlalu kotor, umumnya seal akan menjadi rusak dan dapat menyebabkan terjadinya kebocoran oli pada seal motor.

Penggantian oli suspensi ini direkomendasikan untuk dilakukan setiap menempuh jarak 15.000 Km. Hal ini dikarenakan jika kondisi oli suspensi yang sudah tidak bagus maka dapat mengganggu kinerja suspensi.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber