Mengapa Harga Rumah Terus Meningkat? Simak Beberapa Penyebabnya

Mengapa Harga Rumah Terus Meningkat? Simak  Beberapa Penyebabnya

Mengapa Harga Rumah Terus Meningkat? Simak Beberapa Penyebabnya--free pik.com

BACA JUGA:3 Perbedaan dan Keunggulan Spek dari Motor listrik Charged

Hal ini berlaku pula pada pasar rumah, di mana tingginya permintaan masyarakat untuk memiliki rumah berkontribusi pada kenaikan harga.

Fenomena ini dipicu oleh persepsi bahwa kepemilikan rumah membawa ketenangan hidup. Tingginya minat ini menjadi salah satu penyebab harga rumah yang mahal.

Keterbatasan Lahan

Kenaikan harga rumah juga disebabkan oleh keterbatasan lahan yang tersedia, terutama di kota-kota besar. Ketersediaan lahan yang minim membuat harga tanah melambung tinggi. Pembangunan rumah di lahan yang mahal ini otomatis mendorong harga rumahnya menjadi tinggi.

BACA JUGA:Mobil Listrik Pertama Dari Morris Garage (MG) yang Akan Dirakit di Indonesia? Inilah Keunggulan MG ZS EV!

Perkembangan Infrastruktur

Pertumbuhan infrastruktur di kota-kota kecil juga memberikan dampak pada kenaikan harga rumah. Pembangunan infrastruktur yang merata menciptakan kemudahan akses ke fasilitas publik, menjadikan rumah-rumah yang berlokasi strategis di sekitar fasilitas tersebut mengalami kenaikan harga.

Kenaikan Harga Material

Peristiwa global seperti kenaikan harga bahan bangunan, terutama besi, akibat inflasi dan konflik internasional, mempengaruhi kenaikan harga rumah. Kenaikan biaya pembuatan rumah disebabkan oleh naiknya harga material, yang pada gilirannya membuat harga jual rumah menjadi tidak terjangkau.

BACA JUGA:Pastikan Pemilu Kondusif, Pj Walikota Palembang Ratu Dewa Pimpin Apel Siaga Satlinmas Kota Palembang

Suku Bunga

Tingkat suku bunga yang rendah dapat mendorong orang untuk meminjam uang untuk membeli rumah, karena biaya pinjaman menjadi lebih terjangkau. Hal ini dapat meningkatkan permintaan dan mendorong kenaikan harga.

Namun walau harga rumah terus naik, untuk memiliki rumah cukup mudah untuk saat ini. Pasalnya, berbagai inisiatif pemerintah telah diterapkan untuk mendukung pembelian properti.

Seluruh program tersebut memiliki sasaran yang sejalan, yaitu meningkatkan ketersediaan rumah bagi penduduk Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber