Pj Walikota Palembang Ratu Dewa Ingin Haul Akbar Kiai Marogan Jadi Event Tahunan Pemerintah Kota Palembang

Pj Walikota Palembang Ratu Dewa Ingin Haul Akbar Kiai Marogan Jadi Event Tahunan Pemerintah Kota Palembang

Haul Akbar Kiai Marogan jadi event tahunan Kota Palembang, Minggu (4/2/2024).-Ekky Saputra-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Zikir dan Haul Akbar ke-123 Tahun Kiai H Masagus Abdul Hamid bin Masagus Mahmad alias Kanang, atau sering dikenal dengan Datuk Kiai Marogan, digelar di Masjid Kiai Muara Ogan di Kecamatan Kertapati Kota Palembang pada hari Minggu, 4 Februari 2024.

Disampaikan Raden Muhammad Aliahdor, Ketua Panitia Zikir dan Haul Akbar ke-123 Tahun Kiai Marogan, kegiatan haul pada tahun ini sama seperti tahun sebelumnya, yakni  dimulai pada pukul 7 pagi, dengan pembacaan Surah Yasin, tahlil, dan do’a di Masjid Lawang Kidul di Kelurahan 5 Ilir Kecamatan Ilir Timur II Kota Palembang.

Kemudian dilanjutkan dengan mengenang napak tilas Datuk Kiai Marogan dengan menyusuri Sungai Musi menggunakan Kapal Putri Kembang Dadar dan Kapal Segentar Alam, menuju Masjid Kiai Muara Ogan, dengan kegiatan salam ziarah dan pergantian kelambu makam.

"Untuk jemaah targetnya tahun ini 3.000-5.000 pengunjung. Kegiatannya sama seperti tahun kemarin. Namun kegiatan tahun ini kita fokuskan di dalam masjid," ujar Raden Muhammad Aliahdor.

BACA JUGA:Bersegeralah! Berikut Amalan yang Tidak Boleh Ditunda-tunda dalam Islam, Simak Penjelasannya!


Pj Walikota Palembang Ratu Dewa menyampaikan harapannya Haul Akbar Kiai Marogan menjadi event kalender tahunan dari Pemerintah Kota Palembang, Minggu (4/2/2024).-Ekky Saputra-PALTV

Sementara itu, Pj Walikota Palembang Ratu Dewa menyampaikan harapannya Haul Akbar Kiai Marogan menjadi event kalender tahunan dari Pemerintah Kota Palembang.

Menurut Ratu Dewa, banyak pembelajaran yang dapat diambil dari Datuk Kiai Marogan, salah satunya napak tilas perjalanan spiritual, kebangsaan, dan amalan-amalan dari Kiai Marogan.

“Hari ini kita hadiri Haul Akbar Kiai Marogan. Harapan saya ini adalah sebuah event kalender tahunan dari Pemerintah Kota. Semoga ini banyak pembelajaran dari beliau, di antaranya sebuah napak tilas, perjalanan spiritual, bicara tentang intelektual, kebangsaan, dan juga amalan-amalan beliau," tutur Pj Walikota Palembang Ratu Dewa.

Sedangkan dukungan dari Pemerintah Kota Palembang untuk menjaga dan memelihara Masjid dan Makam Kiai Marogan, sudah berada di bawah koordinasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palembang, sehingga Zikir dan Haul Akbar Kiai Marogan menjadi destinasi wisata tahunan yang terus ditumbuh kembangkan.

BACA JUGA:Jangan Anggap Sepele! Amalan-amalan Ini Bisa Memberi Syafaat pada Hari Kiamat kelak, Simak Penjelasannya!


Masjid Kiai Muara Ogan di Kecamatan Kertapati Kota Palembang, Minggu (4/2/2024).-Ekky Saputra-PALTV

"Ini terus kita pelihara, karena ini di bawah koordinasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, sehingga menjadi objek wisata tahunan yang terus kita tumbuh kembangkan," ujar Ratu Dewa.

Menurut Pj Walikota Palembang Ratu Dewa, saat ini Palembang menjadi zero conflict berkat do’a dari para alim ulama yang ada di Kota Palembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv