Inilah 4 Jenis BBM Dari Pertamina Beserta Nilai Oktan (RON) yang Terkandung Pada Bahan Bakar Tersebut!

Inilah 4 Jenis BBM Dari Pertamina Beserta Nilai Oktan (RON) yang Terkandung Pada Bahan Bakar Tersebut!

Inilah 4 Jenis BBM Dari Pertamina Beserta Nilai Oktan (RON) yang Terkandung Pada Bahan Bakar Tersebut--Foto : Instagram.com/@pertamina

Produk Pertamax Green 95 ini merupakan produk bahan bakar kendaraan hijau yang ramah lingkungan karena menggunakan bioetanol dari molases tebu.

Hal ini merupakan implementasi dari salah satu pilar transisi energi Pertamina dalam mendukung transisi energi nasional dengan penggunaan campuran bahan bakar nabati

Mengenai produksinya sendiri, Pertamax Green ini menggunakan bahan baku bioetanol dari molases tebu yang diproses menjadi etanol fuelgrade.

BACA JUGA:Ingin Mesin Mobil Menjadi Irit Bahan Bakar? Inilah 6 Tips Dalam Menghemat Penggunaan BBM Pada Sebuah Mobil!


Pertamax Green merupakan jenis BBM dari Pertamina ini mempunyai nilai oktan RON 95 yang terbilang istimewa--Foto : Instagram.com/@pertamaxseries.id

 

Untuk dapat mewujudkan hal tersebut, Pertamina melibatkan secara total hingga 9.000 petani tebu yang ada di Indonesia.

Jika berbicara mengenai oktanatau RON dari BBM Pertamina Pertamax Green yang mencapai RON 95, maka mesin kendaraan baik mobil atau sepeda motor yang cocok menggunakannya harus memiliki rasio kompresi tinggi yaitu 11:1 hingga 12:1.

 

4. Pertamax Turbo

Pertamax Turbo merupakan jenis BBM dari Pertamina yang mempunyai nilai oktan RON 98. BBM jenis ini merupakan hasil pengembangan dari produk Pertamax Plus RON 95, serta dilengkapi Ignition Boost Formula (IBF) oleh Pertamina dan Lamborghini.

PertamaxTurbo sangat cocok untuk kendaraan berperforma tinggi seperti berteknologi turbo hingga mempunyai kompresi mesin 12:1 ke atas.

Pertamax Turbo ini mempunyai ciri berwarna merah,pembakarannya juga lebih sempurna sehingga lebih ramah lingkungan.

BACA JUGA:BBM Pada Mobil Menjadi Boros? Inilah 5 Penyebab Meningkatnya Penggunaan Bahan Bakar Pada Mobil!

BBM Pertamax Turbo ini diklaim dapat membersihkan kerak dalam ruang bakar sekitar 80%. Pertamax Turbo tidak dijual pada semua SPBU Pertamina, BBM jenis ini cenderung hanya dapat ditemui pada SPBU besar saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber