Inilah 4 Jenis BBM Dari Pertamina Beserta Nilai Oktan (RON) yang Terkandung Pada Bahan Bakar Tersebut!

Inilah 4 Jenis BBM Dari Pertamina Beserta Nilai Oktan (RON) yang Terkandung Pada Bahan Bakar Tersebut!

Inilah 4 Jenis BBM Dari Pertamina Beserta Nilai Oktan (RON) yang Terkandung Pada Bahan Bakar Tersebut--Foto : Instagram.com/@pertamina

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Dalam melakukan pemilihan bahan bakar untuk kendaraan tentunya tidak dapat sembarangan. Hal ini dikarenakan setiap kendaraan baik mobil ataupun motor mempunyai jenis kompresi mesin yang berbeda.

Setiap kendaraan sebaiknya menggunakan BBM tertentu, sesuai dengan tingkat RON yang direkomendasikan pada buku panduan manual untuk mendapatkan performa mengemudi yang maksimal.

RON (Research Octane Number) atau nilaioktan merupakan ukuran stabilitas terhadap kandungan bahan bakar.

Di Indonesia sendiri terdapat Pertamina yang menjadi pemimpin SPBU dalam upaya menyediakan bahan bakar minyak atau BBM bahkan sampai ke seluruh pelosok negeri.

BACA JUGA:Mengisi Bahan Bakar Terlalu Penuh? Ini 5 Dampak Negatif Melakukan Pengisian BBM Sepeda Motor Hingga Tumpah!

Pertamina merupakan perusahaan minyak dan gas bumi yang beroperasi di Indonesia, Pertamina mempunyai beberapa jenis BBM dengan kandungan ResearchOctaneNumber (RON) berbeda-beda yang dijual pada SPBU mereka.

Semakin tinggi nilaioktan maka akan semakin rendah kemungkinan bahan bakar tersebut menyebabkan detonasi atau knocking yang tidak terkontrol di dalam mesin kendaraan.

Berikut beberapa jenis BBM beserta nilai oktan (RON)dari Pertamina yang ada di Indonesia pada saat ini.

1. Pertalite

BACA JUGA:Pajak Motor Bensin Naik, Begini Dampaknya Bagi Harga BBM.

Pertalite merupakan jenis BBM dari Pertamina dengan nilai oktan RON 90. Jenis BBM ini dirancang untuk kendaraan dengan mesin kecil seperti sepeda motor dan mobil non-turbo.

Kandungan yang terdapat pada Pertalite lebih cocok untuk digunakan pada mesin dengan kompresi rendah.

Pertalite merupakan jenis BBM yang paling banyak diminati karena mempunyai harga yang murah dan bersubsidi.

BBMPertaliteini mempunyai warna dasar hijau terang, spesifikasi dari Pertalite dinilai menjadi bahan bakar yang sangat tepat untuk sebagian besar kendaraan yang ada dan beredar luas di Indonesia saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber