Seberapa Penting Service Motor? Inilah 6 Jenis Service Pada Sepeda Motor yang Perlu Dilakukan Secara Rutin!

Seberapa Penting Service Motor? Inilah 6 Jenis Service Pada Sepeda Motor yang Perlu Dilakukan Secara Rutin!

Seberapa Penting Service Motor? Inilah 6 Jenis Service Pada Sepeda Motor yang Perlu Dilakukan Secara Rutin!-katemangostar-freepik

Pemilihan oli motor tentunya tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Oleh karena itulah pengendara disarankan untuk melakukan konsultasi dengan ahlinya terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk mengganti oli motor yang baru.

Jenis oli yang berkualitas biasanya mempunyai bahan dasar mineral, campuran antara mineral dan sintetis, maupun sintetis sepenuhnya.

Pengecekan Aki Motor

Pengecekan aki motor merupakan salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan. Hal ini dikarenakan aki motor mempunyai fungsi yang sangat penting yaitu sebagai penyimpan daya listrik untuk dapat menyalakan starter, fuel pump, dan suplai arus menuju dashboard.

BACA JUGA:Saham Blue Chip 2024: Pengertian, Karakteristik, dan Daftarnya

Aki motor yang normal mempunyai tegangan antara 12,3 V sampai 12,6 V pada saat kondisi mesin motor mati.

Sementara saat kondisi mesin motor menyala, aki motor umumnya mempunyai tegangan 13,7 V sampai 14,2 V.

Selain tegangan, pengendara juga perlu untuk memastikan kondisi fisik dari aki motor yang masih layak digunakan dan terbebas dari karat.

Hal ini dikarenakan jika terdapat karat maka akan menjadi sangat fatal dan dapat menyebabkan kebocoran pada aki motor tersebut.

Penggantian Kampas Rem

Selain mesin motor yang dapat berfungsi dengan baik dan penggunaan alat pelindung seperti helm, kampas rem merupakan salah satu komponen penting dalam menunjang keselamatan berkendara.

Kampas rem juga perlu untuk dilakukan penggantian dengan yang baru dalam waktu normal sebulan sekali atau sesuai dengan intensitas penggunaannya.


Seberapa Penting Service Motor? Inilah 6 Jenis Service Pada Sepeda Motor yang Perlu Dilakukan Secara Rutin!-freepik-freepik

Kampas rem perlu untuk diganti jika ketebalannya sudah mulai menipis dan mulai bergesekan dengan cakram atau tromol.

Hal ini dapat dengan mudah dirasakan pada saat menarik rem saat sedang berkendara. Selain kampas rem, pengendara juga perlu untuk memperhatikan minyak rem yang terdapat pada sistem hidrolik dalam kondisi yang baik dengan volume yang aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber