Seberapa Penting Service Motor? Inilah 6 Jenis Service Pada Sepeda Motor yang Perlu Dilakukan Secara Rutin!

Seberapa Penting Service Motor? Inilah 6 Jenis Service Pada Sepeda Motor yang Perlu Dilakukan Secara Rutin!

Seberapa Penting Service Motor? Inilah 6 Jenis Service Pada Sepeda Motor yang Perlu Dilakukan Secara Rutin!-katemangostar-freepik

Penggantian Filter Udara

Kondisi filter udara pada sepeda motor perlu untuk diperhatikan dengan baik. Hal ini dikarenakan filter udara mempunyai fungsi sebagai penyaring udara yang masuk ke dalam pembakaran dan untuk mencegah berbagai kotoran atau debu dari luar yang dapat merusak mesin motor.

Filter udara mempunyai 2 jenis, jenis yang pertama ini paling banyak digunakan pada sepeda motor keluaran terbaru yaitu filter udara basah.

Jenis yang kedua yaitu filter udara model busa dan stainless steel yang biasanya terdapat pada sepeda motor keluaran lama.

BACA JUGA:Kenalkan Skuter Burgman Street 125EX, Gunakan Teknologi Suzuki Eco Performance Alpha

Penggantian Oli Gardan

Penggantian oli gardan merupakan salah satu hal penting dan sangat krusial yang tidak boleh dilewatkan pada motor matic.

Oli gardan mempunyai fungsi sebagai pelumas gir-gir yang terdapat di dalam CVT, oli gardan sebenarnya cukup awet jika dibandingkan dengan oli mesin.

Penggantian oli gardan biasanya dilakukan setiap motor telah mencapai jarak tempuh 8.000 Km. Namun, jika sepeda motor sering digunakan pada jalanan yang macet atau padat maka sebaiknya penggantian oli gardan dilakukan lebih cepat.

Itulah beberapa jenis service motor yang perlu dilakukan secara rutin untuk membuat performa dan kinerja sepeda motor menjadi tetap terjaga.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber