Seberapa Penting Service Motor? Inilah 6 Jenis Service Pada Sepeda Motor yang Perlu Dilakukan Secara Rutin!

Seberapa Penting Service Motor? Inilah 6 Jenis Service Pada Sepeda Motor yang Perlu Dilakukan Secara Rutin!

Seberapa Penting Service Motor? Inilah 6 Jenis Service Pada Sepeda Motor yang Perlu Dilakukan Secara Rutin!-katemangostar-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Service motor merupakan salah satu hal yang perlu dilakukan secara rutin oleh para pengendara agar sepeda motor miliknya tetap awet dan terjaga.

Jika sepeda motor jarang dilakukan service tentunya dapat membuat performa motor menjadi lebih menurun bahkan lebih cepat rusak.

Jika sepeda motor telah mengalami kerusakan, hal tersebut justru akan membuat biaya pengeluaran untuk service motor menjadi lebih besar.

Lalu, apa saja service motor yang perlu dilakukan secara rutin oleh para pengendara? Berikut beberapa jenis service motor yang perlu dilakukan secara rutin untuk membuat performa dan kinerja sepeda motor menjadi tetap terjaga.

BACA JUGA:Jenis Oli Motor yang Berkualitas, Inilah 9 Jenis Oli yang Dapat Dijadikan Pilihan Untuk Sepeda Motor!

Tune Up Motor

Melakukan pengecekan secara rutin atau yang lebih dikenal dengan Tune Up Motor merupakan pengecekan terhadap sepeda motor yang dilakukan secara rutin dan umumnya dilakukan setiap 1 sampai 2 bulan sekali atau saat jarak tempuh sepeda motor telah mencapai 2.000 Km.

Tujuan dari Tune Up ini yaitu agar para pengendara dapat memastikan sepeda motor dalam kondisi yang selalu prima.

Beberapa hal yang biasanya dilakukan pengecekan saat melakukan Tune Up seperti: kondisi tegangan rantai, tekanan ban, kondisi lampu motor, pengecekan fungsi klakson, kondisi alat ECU, kondisi area CVT, dan kondisi saringan udara.

Penggantian Oli Motor

Oli motor merupakan cairan penting untuk sebuah sepeda motor. Oli motor mempunyai fungsi sebagai pelumas, pelindung, dan pendingin sepeda motor.


Seberapa Penting Service Motor? Inilah 6 Jenis Service Pada Sepeda Motor yang Perlu Dilakukan Secara Rutin!-senivpetro-freepik

Karena mempunyai fungsi yang sangat penting tentu membuat pengendara perlu untuk selalu memperhatikannya dengan baik.

Jadwal penggantian oli motor biasanya dilakukan setiap 2 atau 3 bulan sekali, penggantian oli motor juga dapat dilakukan bersamaan saat sedang melakukan service motor lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber