Muslimah Wajib Tahu! Ini Bentuk-bentuk Tabarruj yang Dilarang dalam Islam, Sering Tak Disadari oleh Perempuan

Muslimah Wajib Tahu! Ini Bentuk-bentuk Tabarruj yang Dilarang dalam Islam, Sering Tak Disadari oleh Perempuan

Muslimah wajib tahu! ini bentuk-bentuk tabarruj yang dilarang dalam Islam, sering tak disadari oleh kaum perempuan.--freepik.com/@freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Sudah menjadi hal yang wajar jika seorang perempuan ingin memiliki penampilan yang menarik.

Terutama seperti di era kontemporer yang penuh puja-puji dan bujuk rayu seperti saat ini, ada banyak cara yang bisa dipilih perempuan untuk mencapai penampilan yang diinginkan.

Tetapi, sebagian dari cara yang dicitrakan tersebut terkadang justru termasuk dalam perilaku tabarruj.

Perilaku tabarruj ini penting untuk menjadi perhatian para perempuan, termasuk bagi para muslimah. Ini mencakup pemilihan model hijab, model pakaian, makeup, dan lain sebagainya.

BACA JUGA:Para Suami Harus Tahu! Ini Aturan dan Adab Poligami dalam Islam dan Penjelasannya di dalam Al-Qur'an


Perilaku tabarruj ini penting untuk menjadi perhatian para perempuan, termasuk bagi para muslimah.--freepik.com/@freepik

Namun, perempuan muslimah juga harus memperhatikan penampilan yang dipilih agar penampilannya tidak termasuk perbuatan tabarruj. Lalu, apa itu tabarruj?

Tabarruj merujuk pada tindakan yang dilakukan untuk menampilkan kecantikan atau bagian tubuh yang dapat menarik perhatian laki-laki yang bukan mahramnya. Hal yang tentunya dilarang dalam ajaran Islam.

Selain itu, tabarruj juga termasuk perilaku hilangannya rasa malu, menonjolkan sisi-sisi menarik dari diri dan menampilkan keindahan tubuh.

Dikutip dari buku "Perempuan Bertanya, Fikih Menjawab" yang disusun oleh Nurul Asmayani, tabarruj diartikan sebagai berhias.

BACA JUGA:Peristiwa Mengerikan yang Rasulullah SAW Saksikan Saat Isra’ Mi’raj, Siksa Neraka atas Dosa Manusia di Dunia!


Perempuan muslimah harus memperhatikan penampilan yang dipilih agar penampilannya tidak termasuk perbuatan tabarruj.--freepik.com/@freepik

Lebih lanjut, tabarruj didefinisikan sebagai keluarnya muslimah dari batasan-batasan kesopanan dengan menampakkan auratnya dan bahkan termasuk dalam gerakan tubuh seperti melenggok-lenggokkan badan saat berjalan.

Perintah mengenai tabarruj juga disebutkan dalam Al-Qur’an, dalam surat Al Ahzab ayat 33, yang menyatakan larangan bagi perempuan untuk keluar rumah dengan memamerkan kecantikannya, seperti yang dilakukan orang-orang Jahiliyah pada masa sebelum Islam. Allah SWT berfirman, yang artinya:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber