Muslimah Wajib Tahu! Ini Bentuk-bentuk Tabarruj yang Dilarang dalam Islam, Sering Tak Disadari oleh Perempuan

Muslimah Wajib Tahu! Ini Bentuk-bentuk Tabarruj yang Dilarang dalam Islam, Sering Tak Disadari oleh Perempuan

Muslimah wajib tahu! ini bentuk-bentuk tabarruj yang dilarang dalam Islam, sering tak disadari oleh kaum perempuan.--freepik.com/@freepik

“Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan (bertingkah laku) seperti orang-orang Jahiliyah dahulu, dan laksanakanlah salat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, wahai ahlulbait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya,” (Al Ahzab:33).

Mengutip tafsir Kementerian Agama (Kemenag RI) pada laman kemenag.go.id, surat Al Ahzab ayat 33 tersebut berisi perintah Allah SWT kepada para istri Nabi, supaya tetap tinggal di rumah mereka masing-masing dan tidak keluar kecuali bila ada keperluan.

BACA JUGA:Mengenang Peristiwa Penting dalam Sejarah Islam di Bulan Rajab, Mulai Isra Mi'raj hingga Perubahan Arah Kiblat


Salah satu bentuk tabarruj yang sering tidak disadari oleh perempuan adalah memakai hijab yang tidak sesuai syariat.--freepik.com/@rawpixel.com

Perintah tersebut melarang para istri Rasulullah SAW untuk memamerkan perhiasannya dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah pada masa lampau sebelum zaman Nabi Muhammad SAW. Dari tafsir tersebut seorang muslimah hendaknya bisa mengambil pelajaran dari dalil tersebut.

Lalu, apa saja bentuk tabarruj yang dilarang dalam Islam? Berikut adalah beberapa bentuk tabarruj yang dilarang dalam Islam sebagaimana telah dihimpun oleh paltv.co.id dari berbagai sumber:

Menggunakan Hijab yang Tidak Sesuai Syariat

Salah satu bentuk tabarruj yang sering tidak disadari oleh perempuan adalah memakai hijab yang tidak sesuai syariat, misalnya memakai hijab yang tidak menutupi dada sehingga memperlihatkan lekuk badan.

BACA JUGA:Tips Memantapkan Hati Ketika Dihadapkan pada Pilihan Sulit, Sesuai Anjuran Rasulullah SAW dan Syariat Islam


Masih banyak perempuan muslimah yang masih menggunakan pakai yang tipis dan ketat.--freepik.com/@freepik

Memakai Pakaian yang Ketat atau Tipis

Di era kontemporer seperti sekarang, terkadang masih banyak perempuan muslimah yang masih menggunakan pakai yang tipis dan ketat sehingga terlihatnya bentuk lekuk tubuhnya, terutama yang sering terjadi saat sedang  berolahraga dengan pakai olahraga yang ketat dan tipis.

Menggunakan Parfum Berlebihan

Selain berpakaian ketat dan mengenakan hijab yang tidak sesuai syariat, menggunakan parfum secara berlebihan juga tidak dianjurkan dalam Islam.

BACA JUGA:Ini Pandangan Islam Tentang Anak Durhaka, Dosa Besar yang Harus Dihindari Seorang Muslim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber