Oli Pada Sepeda Motor Mengalami Kebocoran? Inilah 4 Penyebab Oli Motor Bocor dan Cara Penanganannya!

Oli Pada Sepeda Motor Mengalami Kebocoran? Inilah 4 Penyebab Oli Motor Bocor dan Cara Penanganannya!

Oli Pada Sepeda Motor Mengalami Kebocoran? Inilah 4 Penyebab Oli Motor Bocor dan Cara Penanganannya!-freepik-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Oli merupakan salah satu komponen penting bagi sepeda motor, salah satu permasalahan yang sering muncul pada komponen ini yaitu Oli motor mengalami kebocoran.

Oli motor merupakan cairan pelumas yang mempunyai fungsi untuk dapat menjadi stimulus bagi mesin motor.

Hal ini tentunya memicu agar mesin motor dapat melakukan kerjanya secara maksimal. Oli akan membuat berbagai komponen pada mesin motor yang bekerja menjadi tidak mengalami gesekan atau dapat meminimalisir gesekan yang terjadi.

Dengan demikian, tidak akan terjadi permasalahan pada komponen mesin motor. Oli menjadi sangat penting karena gesekan yang terjadi dapat menyebabkan motor menjadi lebih cepat aus.

BACA JUGA:Mobil Listrik Neta V menjadi Inovasi Purna Jual, PT Neta Auto Indonesia Menyediakan Jaminan Layanan Terbaik

Pentingnya oli ini membuat pengendara juga perlu untuk selalu memperhatikan kondisi oli yang terdapat pada sepeda motor.

Untuk mengetahui kondisi oli motor dibutuhkan pengecekan secara berkala. Lantas, apa saja yang menjadi penyebab bocornya oli pada motor?

Berikut ini beberapa penyebab terjadinya kebocoran oli motor serta bagaimana cara penanganan yang dapat dilakukan oleh pengendara sepeda motor.

Volume Oli Berlebihan

Salah satu faktor yang dapat menyebabkan oli motor menjadi bocor yaitu karena volume oli yang berlebihan.


Oli Pada Sepeda Motor Mengalami Kebocoran? Inilah 4 Penyebab Oli Motor Bocor dan Cara Penanganannya!-aleksandarlittlewolf-freepik

Pengendara dapat melihat informasi mengenai oli melalui dinding pada mesin motor. Salah satu informasi yang tertera yaitu mengenai banyaknya oli yang diperlukan oleh mesin motor.

Pengendara juga dapat melihat berapa banyak oli yang terdapat pada sepeda motor. Jika volume oli pada sepeda motor telah melebihi batas, maka oli bisa saja merembes hingga keluar atau dapat menjadi bocor.

Selain itu, pengendara juga dapat melakukan pengecekan dengan menggunakan dipstick. Bagian ini mempunyai fungsi sebagai penutup lubang pengisian oli dan juga dapat dipakai untuk melihat jumlah oli yang tersedia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber