Oli Pada Sepeda Motor Mengalami Kebocoran? Inilah 4 Penyebab Oli Motor Bocor dan Cara Penanganannya!

Oli Pada Sepeda Motor Mengalami Kebocoran? Inilah 4 Penyebab Oli Motor Bocor dan Cara Penanganannya!

Oli Pada Sepeda Motor Mengalami Kebocoran? Inilah 4 Penyebab Oli Motor Bocor dan Cara Penanganannya!-freepik-freepik

Hal lain yang dapat dilihat melalui dipstik yaitu tingkat kekentalan dari oli motor. Jika kondisi oli telah berwarna hitam pekat dan terlihat sangat kental, maka pengendara sebaiknya segera untuk melakukan penggantian oli motor.

BACA JUGA:Apakah Jok Motor Perlu Dilakukan Perawatan? Inilah 5 Tips Merawat Jok Pada Sepeda Motor!

Volume oli ini tentunya perlu menjadi perhatian bagi pengendara, agar tidak terjadi kebocoran yang dapat membahayakan mesin motor.

Seal Telah Rusak atau Habis Masa Pakai

Jika seal motor telah melampaui masa pakai atau telah mengalami kerusakan, maka hal ini dapat menjadi pemicu bocornya oli pada motor.

Pada umumnya, seal menjadi pecah atau retak karena telah melalui usia pakai yang melebihi batas, namun tidak menutup kemungkinan juga disebabkan karena berbagai faktor lainnya.

Seal ini dibuat dengan bahan karet, jika terpapar panas secara terus menerus atau melebihi batas tentunya akan membuat seal menjadi mengeras.

BACA JUGA: Berbeda-Beda Tetapi Tetap Satu Jua! 6 Agama di Indonesia: Tempat Ibadah, Hari Raya dan Kitab Suci

Hal tersebut dapat membuat seal menjadi retak, jika seal telah tidak berada dalam kondisi yang baik segera untuk menggantinya dengan seal baru.

Hal ini perlu dilakukan oleh pengendara untuk dapat mencegah oli motor mengalami kebocoran.

Packing Mesin Motor Bocor

Faktor lain yang dapat menyebabkan oli motor mengalami kebocoran yaitu terkait pengaruh dari packing mesin motor.

Kebocoran oli dapat disebabkan oleh kebocoran dari packing mesin sepeda motor tersebut. Packing mesin motor yang bocor ini dapat disebabkan oleh lamanya usia pakai.

Selain itu, kebocoran oli ini disebabkan oleh kondisi sepeda motor yang sudah tua. Kedua hal ini tentunya dapat menjadi penyebab dari oli motor menjadi bocor.

Melakukan pengecekan menyeluruh terhadap kondisi packing mesin tentunya dapat menjadi solusi dalam menjaga kualitas sepeda motor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber