Covid-19 Muncul Lagi, Mengapa Kita Perlu Tahu Dari Mana Asal Virus Corona Ini?

 Covid-19 Muncul Lagi, Mengapa Kita Perlu Tahu Dari Mana Asal Virus Corona Ini?

Covid-19 Muncul Lagi, Mengapa Kita Perlu Tahu Dari Mana Asal Virus Corona Ini?-Lifestylememory-freepik

2. Sejumlah kumpulan teori 

Virus SARS-CoV-2 pertama kali terdeteksi di Tiongkok pada akhir tahun 2019 dan  menyebar ke seluruh dunia pada bulan Juni 2021, dengan lebih dari 178 juta kasus terkonfirmasi dan 3,9 juta kematian.

BACA JUGA:Penggemar Kuku Cantik: Ketahui Cara Merawat Kuku Anda Setelah Menggunakan Kuku Akrilik.

Beberapa kasus sebelumnya terkait dengan pasar basah di kota Wuhan, tempat gelombang pertama infeksi Covid-19 tercatat. 

Dalam beberapa bulan terakhir, para ilmuwan telah mencapai konsensus umum bahwa virus ini menyebar melalui "zoonotic spillover". Atau “virus melompat” dari hewan yang terinfeksi ke manusia, atau dari manusia ke manusia sebelum menjadi sakit parah.

Namun teori lain berpendapat bahwa virus tersebut mungkin muncul dari fasilitas penelitian biologi besar di dekat  pasar, yaitu Institut Virologi Wuhan (WIV). 

Para ilmuwan di sana telah mempelajari virus corona pada kelelawar selama lebih dari satu dekade.  Pada awal pandemi, klaim kontroversial ini diusung oleh Presiden Amerika Serikat saat itu, Donald Trump.


Covid-19 Muncul Lagi, Mengapa Kita Perlu Tahu Dari Mana Asal Virus Corona Ini?-Lifestylememory-freepik

Beberapa pihak berpendapat bahwa virus tersebut mungkin diciptakan secara artifisial untuk digunakan sebagai senjata biologis.

Penelitian lebih lanjut menghasilkan bukti yang mendukung gagasan bahwa itu adalah virus buatan. “Teori tentang asal mula SARS-CoV2 buatan benar-benar didiskreditkan,” tulis sekelompok ilmuwan dalam American Journal of Tropical Medicine and Hygiene pada Juli lalu.

3. Peristiwa alam atau kecelakaan laboratorium?

Bagi mereka yang percaya bahwa virus ini menyebar, sejarah epidemi adalah buktinya. Kebanyakan epidemi dimulai dengan satu “lompatan”. Virus, seperti  influenza, HIV, Ebola atau MERS.

Kehadiran virus corona yang mampu menginfeksi manusia pada kelelawar Tiongkok telah didokumentasikan dengan baik sebelum pandemi ini terjadi, berkat penelitian dari laboratorium Wuhan. 

BACA JUGA:Hadapi PON XXI Aceh-Sumut KONI Dan Dispora Sumsel Gelar Rakor

Di sisi lain, para pendukung penyewaan laboratorium merasa curiga bahwa wabah pertama terjadi di kota dengan laboratorium dengan  keamanan tinggi yang mengandung virus corona berbahaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber