7 Tips yang Dapat Dilakukan Agar Sepeda Motor Menjadi Lebih Irit Bahan Bakar!

7 Tips yang Dapat Dilakukan Agar Sepeda Motor Menjadi Lebih Irit Bahan Bakar!

7 Tips yang Dapat Dilakukan Agar Sepeda Motor Menjadi Lebih Irit Bahan Bakar!--freepik

Semburan dari bahan bakar sebelum diolah menjadi tenaga mesin ini awal mulanya berasal dari bagian klep ini.

Untuk membuatnya menjadi lebih irit, kerapatan klep ini bisa diatur. Atur pada posisi yang memungkinkan klep masih dapat menyemburkan bahan bakar secara ideal.

Namun jangan pula terlalu rapat, hal ini dapat membuat bahan bakar tidak akan menyembur yang mengakibatkan motor malah menjadi tidak bisa berjalan.

4. Perhatikan Oli Motor

BACA JUGA:Berburu Samsung Terbaru: Ini Keuntungan Jika Ikut Pre Order (PO) Samsung S24 Series

Penggunaan oli juga mempengaruhi motor untuk dapat menjadi lebih irit. Fungsi dari oli sendiri yaitu sebagai pelumas yang mampu membuat gesekan antar bagian pada mesin menjadi lebih mudah. 

Dengan menggunakan oli yang berkualitas dapat membuat gesekan yang terjadi bisa diminimalisir, sehingga setiap bagian yang terdapat pada mesin akan mampu bekerja menjadi lebih optimal.

Selain itu, waktu penggantian oli juga perlu untuk diperhatikan. Pasalnya oli hanya dapat berfungsi secara maksimal untuk menempuh jarak tertentu.

Pada umumnya, standar penggantian oli wajib dilakukan pada saat motor telah menempuh jarak kurang lebih 1.500 hingga 2.000 km.

BACA JUGA: Shock Breaker motor rusak? Begini cara mengatasi Shock Breaker Motor yang Keras dan Mati

5. Gunakan Bahan Bakar yang Sesuai

Selalu gunakan bahan bakar yang sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan sepeda motor. Hindari penggunaan bahan bakar dengan kualitas yang rendah karena dapat menyebabkan pembakaran menjadi tidak sempurna dan dapat berdampak negatif bagi konsumsi bahan bakar.

6. Matikan Mesin Motor Pada Saat Berhenti

Apabila pengendara berhenti lebih dari beberapa menit misalnya saat menunggu sesuatu di pinggir jalan, sebaiknya matikan mesin motor dan jangan membiarkannya tetap menyala.

BACA JUGA:Liverpool Menang 4-2 atas Newcastle United, Salah Cetak Gol ke-150 di Liga Premier League

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber