Dibalik Keindahan Lampion China, Ini Rahasia Tersirat

Dibalik Keindahan Lampion China, Ini Rahasia Tersirat

Sejarah Lampion China Pengwujud Doa --Foto : unsplash.com/@ Leon Contreras


Lampion China Pengwujud Doa --Foto : unsplash.com@ Leon Contreras.

6. Lentera Terbang

Salah satu tradisi budaya Tionghoa yang dapat dilihat di Indonesia adalah tradisi meniup lilin. Kebiasaan ini biasa terjadi pada perayaan tertentu dalam budaya Tionghoa, seperti malam Tahun Baru Imlek yang disebut juga Tahun Baru Imlek. Pada dasarnya, setiap kebudayaan mempunyai aturannya masing-masing. 

Mirip dengan tradisi menyalakan lampion, seperti Imlek atau Tahun Baru. Lentera juga merupakan salah satu elemen budaya Tionghoa yang menandai Tahun Baru.

Saat malam tahun baru, kelenteng, sudut jalan, dan bangunan akan kurang semarak jika tidak dihias dengan dekorasi seperti lampion. 

BACA JUGA:Luar Biasa, PT DI Menandatangani Perjanjian Penjualan 25 Pesawat N219 ke China

Tren ini menjadi semakin populer di kalangan wisatawan asing. Pelepasan lentera ini konon didasarkan pada  kisah kuno tentang sekelompok prajurit yang terjebak dalam pertempuran sulit dan tidak dapat menyelamatkan diri dari musuh. Kemudian salah satu prajurit mempunyai ide untuk membuat lentera terbang. 

Lilin yang dinyalakan oleh  prajurit tersebut untuk meminta pertolongan kepada Tuhan dilihat oleh prajurit lainnya.

Prajurit lainnya dengan cepat datang membantu dan akhirnya  prajurit tersebut terselamatkan dalam pertempuran sengit. Karena sejarah ini, banyak orang Tiongkok, bahkan hingga saat ini, yang bersedia menyerah.

Lilin membawa ke surga doa dan harapan, serta doa yang khusyuk Ya Tuhan, maka  Tuhan akan setuju. Saat ini jenis lampu ada banyak sekali.

BACA JUGA:7 Langkah Modifikasi Speedometer dan Layar LCD TV Mobil, Mentransformasi Berkendara dalam Sensasi Kontemporer

Perbedaan tersebut terlihat pada perbedaan bentuk dan desain lampu yang dapat dilihat di website Jezina Light.

Banyak orang Tionghoa  membeli lentera ini,  menuliskan harapan dan doa mereka di atasnya, dan kemudian melepaskannya ke langit pada Malam Tahun Baru.

Inilah Sejarah dan makna tersirat kisah lentera lampion china yang sering kita jumpai dan lentera terbang untuk memanjatkan doa kepada yang maha kuasa untuk tahun yang gemilang berikutnya terhadap pribadi masing-masing.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber