Dibalik Keindahan Lampion China, Ini Rahasia Tersirat

Dibalik Keindahan Lampion China, Ini Rahasia Tersirat

Sejarah Lampion China Pengwujud Doa --Foto : unsplash.com/@ Leon Contreras

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Sejarah lampion China merupakan warisan budaya yang kaya dan penuh makna, dengan pengwujudan doa sebagai elemen sentral dalam tradisi ini.

Lampion China atau yang dikenal sebagai Denglong memiliki akar sejarah yang panjang dan bermacam-macam.

Lampion pertama kali digunakan sebagai sarana penerangan pada zaman Dinasti Han (206 SM - 220 M), tetapi seiring berjalannya waktu, mereka berkembang menjadi simbol doa dan harapan.

Penggunaan lampion dalam acara perayaan, festival, atau upacara keagamaan menjadi wujud doa untuk kebahagiaan, kesejahteraan, dan keberuntungan.

BACA JUGA:Lagi, Mobil China Mengaspal ke Indonesia: BYD Membuka Era Baru Kendaraan Ramah Lingkungan

Bentuk dan warna lampion sering kali memiliki makna simbolis yang mendalam, mencerminkan harapan dan impian masyarakat China.

Sebagai simbol spiritual dan keindahan, lampion China mengandung warisan budaya yang kaya serta memperkaya pengalaman keagamaan dan budaya dalam masyarakatnya.

Tidak heran kalian pasti pernah melihat lampion china yang diterbangkan ke langit, hal ini biasa kita temui di malam tahun baru imlek, tetapi disebagian negara yang etnis chinanya lumayan kuat.

Mereka juga merayakan tahun baru masehi dengan menerbangkan lampion juga lho, unik kan, kalo kalian mempunyai lentera ini dimalam tahun baru, Ketika ingin menerbangkannya. Doa apa yang akan kalian pinta?

BACA JUGA:Wuling Binguo EV Punya Harga Mencolok, di China Setara Ayla, di Indonesia Setara Hyundai Creta


Riko_Makna Lampion Saat Imlek --Foto : unsplash.com@Isabella Smith

Pada dasarnya lilin ini berwarna merah, ada lilin di dalamnya, dan terlihat seperti sedang menyala. Lentera telah menjadi simbol budaya Tiongkok di seluruh dunia.

Lilin dapat ditemukan di gereja atau restoran Cina. Selain itu, lampion Tiongkok dapat ditemukan di daerah yang  disebut Chinatown. 

Menjelang Tahun Baru Indonesia, lampion  menjadi semakin familiar. Beberapa daerah, seperti Solo di Jawa Tengah, mengadakan festival lampion untuk memperingati perayaan Tahun Baru Imlek. Saat ini, tokoh-tokoh berubah bentuk, seperti binatang dalam zodiak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber