Vihara Dharmakirti Palembang Nyalakan 2.800 Pelita Songsong Puja Bakti Waisak

Vihara Dharmakirti Palembang Nyalakan 2.800 Pelita Songsong Puja Bakti Waisak

Vihara Dharmakirti Palembang nyalakan 2.800 pelita songsong Puja Bakti Waisak, Rabu (22/5/2024).-Ekky Saputra-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Umat Buddha di Maha Vihara Dharmakirti Palembang terlihat pada Rabu malam, 22 Mei 2024 mulai menyalakan ribuan pelita dan lampion, serta melakukan meditasi yang dilakukan jelang Puja Bakti Waisak yang jatuh pada hari Kamis, 23 Mei 2024.

Pembina Maha Vihara Dharmakirti Palembang Darwis Hidayat mengatakan, pelita yang dinyalakan ada sekitar 2.800 buah.

Penyalaan lampion, kata Darwis Hidayat, merupakan tradisi secara turun-temurun, dimulai pada saat Sang Buddha masih hidup.

Para umat Buddha selalu menyalakan pelita sebagai bentuk persembahan dengan dengan artian sebagai penerang dan mensucikan batin. Pelita biasa dinyalakan pada satu hari sebelum Hari Trisuci Waisak.

BACA JUGA:26 Narapidana di Sumatera Selatan Dapat Remisi Khusus Waisak


Darwis Hidayat, Pembina Maha Vihara Dharmakirti Palembang, Rabu (22/5/2024).-Ekky Saputra-PALTV

"Pelita ini merupakan tradisi sejak dahulu pada saat Sang Buddha masih hidup. Pada saat beliau ceramah, para murid atau umat menyalakan pelita sebagai bentuk persembahan, sebagai artian menerangkan dan mensucikan batin yang hingga saat ini masih berjalan, yang biasanya pelita dinyalakan H-1 sebelum Hari Trisuci Waisak," kata Darwis Hidayat, Pembina Maha Vihara Dharmakirti Palembang.

Menurut Darwis Hidayat, pasca Pemilu 2024 lalu pada Pemilihan Presiden (Pilpres) maupun Pemilihan Legislatif (Pileg), terjadi ketegangan di dalam masyarakat.

Sehingga pada perayaan Waisak than 2024 ini, lanjut Darwis Hidayat, mengambil tema "Keharmonisan merupakan pedoman hidup berdampingan dalam berbangsa" sebagai momentum mengajak umat Buddha untuk mengembalikan keharmonisan dalam bermasyarakat.

"Diambil tema tersebut tidak terlepas dari pasca Pilpres dan Pileg. Jadi, kita lihat ada ketegangan di dalam masyarakat, kita ingin mengajak umat Buddha untuk mengaktualisasikan kembali keharmonisan di masyarakat," terang Pembina Maha Vihara Dharmakirti Palembang Darwis Hidayat.

BACA JUGA:Dramatis, Evakuasi Mobil Travel Terjun Bebas ke Sungai Kelingi Oleh Warga

Darwis Hidayat berpesan kepada seluruh umat Buddha untuk selalu meningkatkan etika Buddhis atau lebih dikenal moralitas Buddhis di dalam kehidupan sehari-hari, sehingga membawa dampak positif untuk keharmonisan dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

"Dengan momen Hari Waisak, selalu ingin mengingatkan kepada umat agar meningkatkan moralitas Buddhis dalam kehidupan sehari-hari, yang diyakini membawa dampak positif bagi keharmonisan, serta persatuan dan kesatuan bangsa," turup Darwis Hidayat, Pembina Maha Vihara Dharmakirti Palembang.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv