Cara Mandiri Bersihkan Radiator Mobil Dengan Alat Sederhana Saja

Cara Mandiri Bersihkan Radiator Mobil Dengan Alat Sederhana Saja

Cara Mandiri Bersihkan Radiator Mobil Dengan Alat Sederhana Saja--free pik.com

Setelah radiator bersih, tutup kembali kran dan pasang selang. Isi radiator dengan air radiator dan tambahkan sedikit coolant radiator untuk meningkatkan kualitas air. Pastikan tangki tertutup dan nyalakan mesin. Panaskan sebentar dan periksa kondisi radiator. Jika air berkurang, tambahkan coolant radiator, bukan air biasa.

BACA JUGA:Dihantam Kereta Api Babaranjang, 1 Mobil Jenis MPV Ringsek Terlempar ke Semak Belukar di Martapura OKU Timur

Tips Merawat Radiator Mobil

Setelah mengetahui cara service radiator mobil sendiri, perhatikan juga tips merawat radiator agar tetap awet dan berfungsi optimal:

1. Ganti Air Radiator Secara Berkala:

Rutin mengganti air radiator dapat mencegah terbentuknya kerak dan menghindari penyumbatan radiator. Overheat pada mesin juga dapat dihindari dengan menjaga kebersihan air radiator.

BACA JUGA:TERKUAK! Pelaku Tergolong Sadis Tanpa Belas Kasihan, Anak Korban Heri yang Tak Berdosa Pun Ikut Dihabisi

2. Gunakan Air Khusus Radiator:

Jangan menggunakan air tanah atau sumur yang mengandung kapur tinggi. Sebaiknya, gunakan air galon atau air radiator khusus untuk mencegah pembentukan karat dan kerak.

3. Periksa Tutup Radiator:

Tutup radiator yang rusak dapat menyebabkan kebocoran dan penurunan efisiensi pendinginan. Periksa secara berkala dan ganti jika diperlukan.

BACA JUGA:Mengenal Propeller Shaft Mobil: Berikut Pengertian, Fungsi dan Cara Merawat

4. Pemeriksaan Kipas atau Extra Fan:

Pastikan kipas radiator atau extra fan berfungsi dengan baik. Kipas ini membantu mencegah mesin dari overheat. Periksa putaran kipas secara berkala.

Dengan memahami cara service radiator mobil dan tips merawatnya, Anda dapat melakukan perawatan sendiri atau mengunjungi bengkel terpercaya untuk menjaga performa radiator mobil Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber