Cara Mandiri Bersihkan Radiator Mobil Dengan Alat Sederhana Saja

Cara Mandiri Bersihkan Radiator Mobil Dengan Alat Sederhana Saja

Cara Mandiri Bersihkan Radiator Mobil Dengan Alat Sederhana Saja--free pik.com

Pastikan mobil dalam keadaan dingin sebelum melakukan pengurasan air radiator. Membuka tutup tangki radiator pada mesin yang panas dapat berbahaya.

BACA JUGA:60 Ucapan Selamat Tahun Baru 2024 yang Menyentuh Tanpa Kesan Lebay

Untuk mengosongkan air radiator, buka kran yang terletak di bagian bawah tangki radiator. Pastikan air terkuras habis tanpa menyisakan sisa. Penggunaan selang pada bagian bawah radiator juga dapat memperlancar pengurasan.

3. Bersihkan Selang Air Radiator:

Selang air radiator merupakan komponen penting yang juga perlu dibersihkan. Membersihkan selang ini dapat mencegah terbentuknya kerak pada mesin mobil. Lepaskan selang dan semprotkan air ke dalamnya untuk membersihkan kotoran yang mungkin menumpuk di dalamnya.

4. Bersihkan Inti Radiator:

BACA JUGA:70 Kalimat Romantis untuk Membuat Pasanganmu Baper di Malam Tahun Baru 2024

Setelah membersihkan selang, langkah selanjutnya adalah membersihkan inti radiator. Isi radiator dengan air hingga air keluarannya bersih. Pastikan menggunakan selang radiator yang sudah bersih.

Radiator coolant atau air galon biasa dapat digunakan untuk membersihkan inti radiator, namun hindari penggunaan air sumur atau tanah yang mengandung kapur tinggi karena dapat mempercepat terbentuknya karat.

5. Nyalakan Mesin untuk Menguras Air Radiator:

Setelah menutup tangki radiator, nyalakan mesin dan biarkan selama 15 menit. Tunggu hingga thermostat mencapai posisi tengah dan air radiator yang keluar menjadi lancar dan jernih. Matikan mesin setelah proses ini selesai.

BACA JUGA:10 Hidangan untuk Menemani Malam Pergantian Tahun, Menambah Kehangatan Bersama Orang Terkasih

6. Ulangi Pembersihan Radiator:

Setelah mesin dingin, isi kembali radiator hingga penuh dan tutup tangki. Hidupkan mesin dan biarkan air radiator keluar hingga habis. Lakukan proses ini dua hingga tiga kali untuk memastikan tidak ada sisa cairan pembersih yang tertinggal.

7. Menutup Kran, Memasang Kembali Selang, dan Memeriksa Kondisi Radiator:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber