Rekomendasi Banget! 5 Makanan untuk Penderita Diabetes

Rekomendasi Banget! 5 Makanan untuk Penderita Diabetes

Rekomendasi Banget! 5 Makanan Rekomendasi untuk Penderita Diabetes--freepik

4. Buah-buahan

Buah-buahan mengandung karbohidrat, vitamin, mineral, dan serat yang sehat. Kebanyakan buah-buahan  memiliki lebih banyak karbohidrat daripada sayuran, namun lebih rendah lemak dan natrium.

BACA JUGA:Perhatian! Bahan Makanan (Bukan Gula) Sehari-hari ini Meningkatkan Risiko Diabetes Tipe 2

Makanan terbaik untuk penderita diabetes antara lain: buah segar, buah beku atau kalengan tanpa tambahan gula, Marmalade tanpa tambahan gula atau pengawet.

Salah satu buah yang baik dikonsumsi penderita diabetes adalah alpukat. Alpukat mengandung kurang dari 1 gram gula, rendah karbohidrat, tinggi serat, dan lemak sehat.

Konsumsi alpukat meningkatkan kualitas makanan dan dikaitkan dengan penurunan berat badan dan indeks massa tubuh (BMI).

Oleh karena itu, alpukat merupakan camilan sehat bagi penderita diabetes. Hal ini penting karena meningkatkan risiko terkena diabetes. Selain itu, alpukat  memiliki efek khusus pada diabetes.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Buah – Buahan Yang Aman Bagi Penderita Diabetes. Nomor 5 Aman

Sebuah studi pada tikus tahun 2019  menemukan bahwa avocatin B (AvoB), asam lemak yang hanya ditemukan dalam alpukat, mengurangi resistensi insulin dengan menghambat radikal bebas di otot rangka dan pankreas. 

Namun, diperlukan lebih banyak penelitian  pada manusia untuk memperjelas hubungan antara alpukat dan pencegahan diabetes.

Produk yang harus dihindari meliputi: Buah kalengan dalam sirup gula kental, buah atau buah kering olahan buah-buahan, termasuk selai, jeli, pengawet, dan lain-lain.

(kecuali porsi kecil) saus apel manis Smoothie buah, minuman buah, jus buah (jus buah mengandung  karbohidrat dan gula buah segar namun tidak mengandung serat yang menstabilkan gula darah)

BACA JUGA:Waspadai Tanda Diabetes pada Anak! Umur 9 Tahun, Anak Tike Priatnakusumah Divonis Diabetes Militus

5. Minuman

Minuman favorit Anda mungkin mengandung lebih banyak kalori, gula, garam, atau lemak daripada yang Anda kira. Membaca label kemasan akan mengungkapkan apa yang ada di setiap posisi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber