7 Bagian-Bagian Otak Manusia: Pusat Kesadaran dan Pengendali Tubuh

7 Bagian-Bagian Otak Manusia: Pusat Kesadaran dan Pengendali Tubuh

7 Bagian-Bagian Otak Manusia: Pusat Kesadaran dan Pengendali Tubuh--freepik

PALEMANG, PALTV.CO.ID- Otak manusia memiliki beberapa bagian utama yang memiliki fungsi-fungsi khusus. Otak adalah organ besar dan kompleks yang dilindungi oleh tengkorak dan meningen.

Organ ini mengandung banyak jaringan dan milyaran sel saraf yang mendukung dan terhubung ke sumsum tulang belakang.

Otak, bersama dengan sumsum tulang belakang dan otot, adalah pusat komando dan sistem saraf manusia.  

Sebagai bagian yang merupakan hal lumbra pada sistem saraf, otak melakukan banyak fungsi penting. Organ ini mengontrol segala sesuatu yang terjadi di dalam tubuh, seperti berpikir, mengingat, berbicara, emosi, penglihatan, pendengaran, gerakan lengan dan kaki, serta tindakan organ  tubuh lainnya, termasuk detak jantung dan tekanan darah. 

BACA JUGA:8 Rekomendasi Produk Unik yang Menarik di Shopee.co.id untuk Tambah Kesenangan Sehari-hari Anda

Beberapa saraf di otak mengarah langsung ke bagian tubuh, seperti mata, telinga, dan bagian kepala lainnya.

Namun, banyak saraf lain yang terhubung ke bagian tubuh lain melalui sumsum tulang belakang, yang mengontrol gerakan, pendengaran, dan fungsi tubuh lainnya seperti bernapas dan berjalan.

Berikut adalah beberapa bagian utama dari otak. 

1. Otak Besar (Cerebrum)

Bagian ini merupakan bagian terbesar dari otak manusia dan bertanggung jawab atas berbagai fungsi kognitif seperti pemrosesan informasi sensorik, kontrol motorik, interpretasi stimulus visual dan auditori, serta fungsi-fungsi tingkat tinggi seperti berpikir, berbicara, dan merencanakan.

Juga bertanggung jawab untuk berbagai fungsi seperti penglihatan, pendengaran, gerakan sukarela, dan pemrosesan informasi tingkat tinggi seperti pemikiran dan perasaan.


7 Bagian-Bagian Otak Manusia: Pusat Kesadaran dan Pengendali Tubuh--freepik

Otak besar  terbagi menjadi dua bagian: otak kiri dan otak kanan. Belahan  kiri mengontrol pergerakan tubuh bagian kanan, sedangkan belahan  kanan mengontrol pergerakan tubuh bagian kiri. Kedua bagian ini terhubungkan pada serabut saraf yang disebut dengan corpus callosum.

Banyak teori yang menyatakan bahwa kedua belahan otak  memiliki fungsi yang unik. Belahan otak kiri disebut-sebut berperan penting dalam bahasa, aritmatika, dan kemampuan  berbicara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: