Kenali Manfaat Dan Resiko Lari Tanpa Alas Kaki Bagi Kesehatan.

Kenali Manfaat Dan Resiko Lari Tanpa Alas Kaki Bagi Kesehatan.

Kenali Manfaat Dan Resiko Lari Tanpa Alas Kaki Bagi Kesehatan.--free pik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kebanyakan orang lebih memilih berlari dengan menggunakan sepatu untuk menghindari cedera atau terluka. Namun, tahukah Anda bahwa berlari tanpa alas kaki juga memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh? Mari kita eksplorasi lebih dalam mengenai manfaat dan risiko dari berlari tanpa alas kaki.

Manfaat Lari Tanpa Alas Kaki

Mengatasi Masalah Flat Foot (Kaki Datar) 

Salah satu manfaat utama dari berlari tanpa alas kaki adalah membantu mengatasi masalah flat foot. Berlari tanpa alas kaki dapat memperkuat dan mengencangkan otot-otot kaki, membantu menstabilkan lengkungan kaki yang datar.

BACA JUGA:Dinas Kesehatan Muara Enim Sidak Kantin Sekolah dan Pedagang Makanan untuk Antisipasi Jajanan Berbahaya

Sebaliknya, selalu menggunakan sepatu yang mendukung tidak akan membantu memperkuat otot kaki yang berfungsi menopang tulang. Namun, jika Anda merasa tidak nyaman saat berlari tanpa alas kaki, disarankan untuk menggunakan sepatu yang sesuai.

Sebuah penelitian dalam jurnal "Long-Term Effects of Habitual Barefoot Running and Walking: A Systematic Review" menunjukkan bahwa anak-anak yang sering beraktivitas tanpa alas kaki memiliki risiko flat foot yang lebih rendah dibandingkan dengan anak-anak yang menggunakan alas kaki sejak dini.

Mengurangi Risiko Plantar Fasciitis 

Lari tanpa alas kaki juga dapat mengurangi risiko plantar fasciitis, yaitu kondisi di mana bagian bawah kaki dekat tumit mengalami nyeri.

BACA JUGA:140 Ribu Penduduk Sumatera Selatan Terskrining Gejala Hepatitis B

Teknik lari yang tidak tepat dapat menyebabkan kerja otot di bagian bawah kaki menjadi kurang efisien, yang berpotensi memicu cedera seperti plantar fasciitis.

Berlari tanpa alas kaki dapat membantu memperbaiki teknik dan irama lari, seperti yang disebutkan dalam penelitian di "International Journal of Environmental Research and Public Health." Berlari di atas rumput, misalnya, bisa membantu meredakan gejala plantar fasciitis.

Membakar Kalori 

Berlari, baik dengan atau tanpa sepatu, merupakan aktivitas fisik yang efektif dalam membakar kalori.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: www.siloamhospitals.com