7 Bagian-Bagian Otak Manusia: Pusat Kesadaran dan Pengendali Tubuh

7 Bagian-Bagian Otak Manusia: Pusat Kesadaran dan Pengendali Tubuh

7 Bagian-Bagian Otak Manusia: Pusat Kesadaran dan Pengendali Tubuh--freepik

Belahan kanan membantu menafsirkan hal-hal yang abstrak seperti pada musik, bentuk, emosi, dan warna. Namun kenyataannya otak kiri dan otak kanan bekerja sama untuk melakukan tugasnya.

2. Otak Kecil (Cerebellum)

Terletak di bagian belakang otak, otak kecil berperan dalam mengkoordinasikan gerakan otot dan menjaga keseimbangan tubuh.

BACA JUGA:Sejarah dan Perkembangan Yamaha Nouvo, Motor Matic Keluaran Yamaha yang Pertama!

Bertanggung jawab untuk koordinasi gerakan dan keseimbangan Ini sangat penting dalam pengendalian gerakan yang tepat dan halus.

3. Batang Otak (Brainstem)

Bagian ini mencakup medula oblongata, pons, dan mesensefalon. Batang otak mengatur fungsi-fungsi dasar tubuh seperti detak jantung, pernapasan, dan tekanan darah.

Mengontrol fungsi-fungsi dasar seperti detak jantung, pernapasan, dan tekanan darah. Ini juga menghubungkan otak dengan sumsum tulang belakang dan mengatur refleks dasar.

4. Diensefalon

Diencephalon adalah bagian atas otak. Diencephalon terhubung ke otak tengah. Diencephalon sendiri memiliki empat bagian: hipotalamus superior, hipotalamus, dan thalamus.


7 Bagian-Bagian Otak Manusia: Pusat Kesadaran dan Pengendali Tubuh--unsplash

Terletak di antara otak besar dan batang otak, diensefalon mencakup struktur seperti talamus dan hipotalamus.

Talamus berperan dalam memproses dan meneruskan sinyal sensorik, sementara hipotalamus mengatur fungsi-fungsi dasar tubuh seperti suhu tubuh, rasa lapar, dan tidur.

5. Sistem Limbik 

Sistem limbik merupakan bagian otak yang  berperan penting dalam menciptakan perilaku emosional (marah, sentuhan, hasrat seksual). Sistem limbik terdiri dari amigdala, septum, hipotalamus, talamus, dan hipokampus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: