7 Bagian-Bagian Otak Manusia: Pusat Kesadaran dan Pengendali Tubuh

7 Bagian-Bagian Otak Manusia: Pusat Kesadaran dan Pengendali Tubuh

7 Bagian-Bagian Otak Manusia: Pusat Kesadaran dan Pengendali Tubuh--freepik

Sistem ini melibatkan sejumlah struktur otak, termasuk amigdala, hipokampus, dan hipotalamus. Sistem limbik terlibat dalam pengaturan emosi, motivasi, dan fungsi-fungsi memori.

6. Sulcus dan Girus

Otak besar memiliki struktur lipatan dan lekukan yang disebut sulcus dan girus. Girus adalah lipatan-lipatan, gyrus (gyri adalah kata jamak) adalah bagian lipatannya. sedangkan sulcus adalah lekukan-lekukan. (sulci adalah kata jamak) adalah bagian lekukan otak Struktur ini meningkatkan luas permukaan otak dan memberikan lebih banyak area untuk proses kognitif kompleks.

7. Korteks Otak

Korteks serebral adalah permukaan otak, dengan banyak celah dan alur yang memisahkan  satu jaringan dengan jaringan lainnya.

Ini adalah lapisan luar otak besar yang terdiri dari korteks serebral. Korteks otak terlibat dalam pengolahan informasi tingkat tinggi, termasuk persepsi, bahasa, dan fungsi eksekutif.

Korteks serebral  adalah terletak pada lapisan tipis (1 hingga 5 mm) yang menutupi otak. Pada otak yang diawetkan, korteksnya berwarna abu-abu karena mengandung banyak neuron dan serat yang tidak bermielin.

Permukaan  mamalia tingkat tinggi terlipat, dan lebih dari dua pertiga otak manusia berada dalam cekungan atau lekukan.

Setiap bagian otak memiliki peran khusus dalam menjalankan fungsi-fungsi kompleks tubuh dan pikiran manusia. Interaksi antara berbagai bagian ini memungkinkan berbagai aspek aktivitas dan respons tubuh manusia.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: