Ini Cara Berpuasa Aman dari Sakit Maag

Ini Cara Berpuasa Aman dari Sakit Maag

Bagi orang sehat, keadaan ini dapat dicapai dengan memilih makanan yang tepat untuk dimakan saat makan saat puasa dan sahur--Foto : Freepik.com

BACA JUGA:Hati-hati! 2 Anggota Tubuh ini yang Akan Banyak Membuat Manusia Terjerumus ke Neraka


Makan yang cukup seperlunya di pagi hari dan berbuka puasa. --Foto : Freepik.com

2. Makan yang cukup seperlunya di pagi hari dan berbuka puasa

Makan yang cukup seperlunya di pagi hari dan berbuka puasa. Makan terlalu banyak sekaligus bisa menambah tekanan pada perut. Ada keluhan misalnya bengkak dan  penuh.

Jadi berbukalah di pagi hari dan  makanlah secara perlahan dan sepenuh hati. Hindari mengonsumsi dalam jumlah besar sekaligus.

Misalnya saat berbuka puasa, makanlah makanan  ringan terlebih dahulu baru dilanjutkan dengan makanan manis. Misalnya, jika Anda masih merasa lapar setelah berbuka puasa usai salat tarawih, makanlah makanan ringan  seperti kurma, pisang, granola, atau kerupuk.

BACA JUGA:Muslim Harus Tahu! Rasulullah SAW Melarang Mencela Makanan yang Tidak Disukai, Ini Penjelasannya!


Jangan tidur setelah makan --Foto : freepik.com/ @artursafronovvvv

3. jangan tidur setelah makan  

jangan tidur setelah makan,  anda  masih mengantuk setelah sahur dan ingin kembali tidur. Namun,  jangan langsung tidur setelah makan. Sebab, langsung tidur setelah makan bisa menyebabkan sakit maag. Namun jika tidak bisa tidur, Anda bisa tidur dengan posisi setengah telentang.

Ini akan menjaga kepala dan bahu Anda tetap berada di atas perut Anda. Caranya adalah dengan menyandarkan kepala dan bahu pada tumpukan bantal. Posisi ini dapat mencegah makanan kembali naik ke kerongkongan.

4. Jangan makan cepat Saat Anda berpuasa

BACA JUGA:Ini Pandangan Islam Tentang Buzzer Penyebar Hoax dan Merusak Persatuan

Jangan makan cepat Saat Anda berpuasa, terkadang Anda bangun kesiangan di pagi hari. Namun  jangan terburu-buru memakan semua makanan tersebut. Selain itu, hindari makan sambil berbicara.

Padahal, kebiasaan makan cepat sambil ngobrol berarti cukup banyak udara yang bisa masuk ke rongga kacang dan menyebabkan maag. Jadi usahakan untuk bangun  pagi agar bisa makan sahur dengan tenang dan pagi hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber