Ini Cara Berpuasa Aman dari Sakit Maag

Ini Cara Berpuasa Aman dari Sakit Maag

Bagi orang sehat, keadaan ini dapat dicapai dengan memilih makanan yang tepat untuk dimakan saat makan saat puasa dan sahur--Foto : Freepik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Puasa mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. kesehatan sendiri merupakan anugerah Tuhan kepada hamba-hamba-Nya yang berpuasa.

Hidup sehat merupakan dambaan setiap orang yang mengetahui nilai-nilai kehidupan. Puasa merupakan kewajiban bagi umat Islam yang harus menahan rasa lapar dan haus tanpa makan atau minum selama 13 hingga 14 jam sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Banyak pertanyaan  di masyarakat mengenai hubungan antara maag dan puasa.

Apakah puasa menyebabkan maag? Apakah orang yang punya riwayat maag juga boleh berpuasa? Dan apakah  puasa akan memperparah penyakit maag yang saya derita? Beberapa pertanyaan tersebut terjawab dan dijelaskan tentang maag.

Apalagi berpuasa selama 6 hingga 8 jam saat perut kosong dapat meningkatkan asam lambung dan menimbulkan gejala sakit maag. Kondisi ini biasanya berlangsung  pada minggu pertama puasa  dan  Insya Allah gejala tersebut tidak akan muncul lagi pada minggu-minggu berikutnya. 

BACA JUGA:Tidak Perlu Membentak Agar Anak Patuh, Ini Kiat Mendidik Anak Sesuai dengan Ajaran Islam

Bagi orang  sehat, keadaan ini dapat dicapai dengan memilih makanan yang tepat untuk dimakan saat makan saat puasa dan sahur, serta melakukan aktivitas yang tidak menambah gas lambung yang menyebabkan  asam lambung meningkat. 

Pada penderita penyakit parah, puasa yang  tidak diobati dapat memperburuk masalah pencernaan. Namun jika sakit perut bisa diobati, penderita sakit perut bisa berpuasa seperti orang lainnya.

Oleh karena itu, saya ingin menyampaikan bahwa inilah saat  yang tepat bagi  penderita  maag untuk mengunjungi rumah sakit dan mengevaluasi penyakit lambungnya, termasuk penyakit organik atau fungsional. Melakukan hal ini akan mempersiapkan Anda secara fisik dan mental untuk berpuasa di bulan Ramadhan.

Puasa selama bulan Ramadhan mungkin terasa sulit bagi penderita sakit maag, yang sering kali disarankan untuk tidak melewatkan waktu makan. Namun, bukan berarti penderita sakit maag tidak bisa berpuasa.

BACA JUGA:Money Politic dalam Pemilihan Umum: Perspektif Islam dan Hukum

Untuk puasa yang sehat, ikuti tips puasa bagi penderita sakit maag berikut ini.

1. Kendalikan emosi Anda

Kendalikan emosi Anda Selama berpuasa, usahakan untuk mengendalikan emosi dan mengelola stres dengan baik. Tujuan puasa bukan  untuk menekan rasa lapar, melainkan untuk menekan hawa nafsu seperti amarah dan kesedihan. Tak hanya bermanfaat, tapi juga bisa menurunkan risiko  sakit maag.

Caranya, istirahatlah saat merasa lelah dan cobalah berbagai teknik relaksasi, latihan pernapasan, dan yoga saat Anda  stres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber