Motor Bebek Legendaris Honda Supra, Berikut Sejarah dan Perkembangannya!

Motor Bebek Legendaris Honda Supra, Berikut Sejarah dan Perkembangannya!

Motor bebek legendaris Honda Supra menoreh sejarah dalam perkembangannya.--instagram.com/@mr.house_unitsale

Honda Supra generasi pertama ini merupakan pioneer bagi para motor bebek dari segi desain yang meruncing pada bagian depan dan belakang.

BACA JUGA: Mengatasi Masalah Umum Motor Bebek: 5 Langkah Jitu Dalam Melakukan Perawatan Terhadap Motor Bebek!

Generasi pertama dari motor bebek Honda Supra ini masih menggunakan mesin 97 cc, dengan sistem pengereman depan dan belakang yang masih menggunakan rem tromol.

2. Generasi Kedua Honda Supra

Setelah setahun muncul di pasaran Indonesia, Honda Supra mengeluarkan generasi keduanya pada tahun 1998 dan diberi nama  Honda Supra X.

Nama inilah yang akhirnya membuat nama Supra menjadi legendaris di dunia permotoran Indonesia. Bahkan pada generasi kedua ini, terdapat beberapa varian Honda Supra lainnya yang muncul di pasaran Indonesia dalam bentuk bodi yang sama.

BACA JUGA:Motor Bebek Terlaris 2023, Ini Deretan Motor yang Paling Disukai Penghobi Modifikasi!

Pada generasi kedua ini, Honda Supra X telah menggunakan rem cakram pada roda depannya. Sedangkan untuk pengereman pada bagian belakang masih menggunakan rem tromol.

Di sisi lain, motor bebek ini melakukan peningkatan mesin dari 97 cc menjadi 100 cc yang terkenal sangat awet.

Di antara ketenaran nama Honda Supra X generasi kedua ini, hadir juga beberapa jenis Honda Supra yang baru, yaitu varian Honda Supra Fit yang memiliki spesifikasi sedikit di bawah dari Honda Supra X.

Lalu terdapat juga Honda Supra V yang menggunakan tuas kopling dengan pengereman tromol di kedua roda. Lalu Honda Supra XX yang juga menggunakan kopling namun telah menggunakan cakram.

BACA JUGA:4 Rekomendasi Sepeda Motor Bebek Keren dan Stylish yang Sangat Cocok Bagi Anak Muda!

Namun Supra V dan Supra XX kurang begitu diminati oleh konsumen di Indonesia. Hal ini membuat keduanya tidak bertahan lama karena pabrikan menutup jalur produksi untuk kedua motor bebek ini. 

3. Generasi Ketiga Honda Supra

Selanjutnya pada tahun 2005, Honda mengeluarkan Honda Supra X 125 generasi ketiga dengan kapasitas mesin yang lebih besar, yaitu 125 cc.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber