Lakukan 5 Hal ini Dalam Merawat Motor Vespa Matic Agar Motor Menjadi Tahan Lama!

Lakukan 5 Hal ini Dalam Merawat Motor Vespa Matic Agar Motor Menjadi Tahan Lama!

Lakukan 5 Hal ini Dalam Merawat Motor Vespa Matic--Foto : freepik-mdjaff.

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Mempunyai kendaraan bermotor dengan jenis apapun, berarti juga harus siap untuk melakukan perawatan kendaraan secara berkala jika ingin berkendara dengan aman dan nyaman.

Mulai dari mobil, motor bebek, motor matic, bahkan hingga motor vespa matic harus dilakukan perawatan secara rutin agar dapat tetap aman dan nyaman digunakan serta dapat bertahan lama.

Motor dengan jenis vespa matic ini juga sangat perlu untuk dilakukan perawatan secara berkala. Namun, sebagian orang terkadang tidak mengetahui bagaimana cara untuk melakukan perawatan terhadap kendaraan yang dimiliki dengan cara yang benar. Terkait cara untuk merawat motor vespa matic ini tentu berbeda dengan cara merawat sepeda motor pada umumnya.

Perbedaan cara merawat kendaraan ini dikarenakan setiap kendaraan memiliki desain atau struktur maupun komponen yang berbeda dengan kendaraan lainnya.

BACA JUGA:Keunikan Vespa Primavera Edisi Mickey Mouse: Eksklusifitas dan Harga Fantastis

 

Lantas, komponen apa saja yang harus dilakukan perawatan dan melakukan pengecekan secara berkala agar motor vespa matic ini menjadi tetap awet.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan dalam perawatan terhadap motor vespa matic yang telah dimiliki.

1. Selalu Untuk Menggunakan Bahan Bakar yang Tepat

Menggunakan bahan bakar yang tepat dan sesuai dapat membuat kendaraan yang dimiliki bekerja lebih optimal karena dapat memudahkan mesin motor dalam mengolah bahan bakar menjadi tenaga untuk motor.

BACA JUGA:Rahasia Vespa Elettrica Bisa Jebol Kantong Hingga Ratusan Juta Rupiah, Teknologi Italia Membuatnya Berbeda

Motor vespa matic ini memang didesain untuk menggunakan bahan bakar yang memiliki oktan tinggi, paling tidak dengan oktan yang diatas RON 90.

Di Indonesia, pengendara dari motor vespa matic ini dapat menggunakan bahan bakar jenis Pertamax yang memiliki RON 92, Pertamax Turbo yang memiliki RON 98, dan Shell Power dengan memiliki RON 95.

Kelebihan dari penggunaan bahan bakar yang memiliki oktan tinggi merupakan agar proses pembakaran yang terjadi menjadi lebih maksimal.

Penggunaan bahan bakar oktan tinggi ini tidak akan meninggalkan kotoran yang berada pada selang bahan bakar.  Hal ini tentu saja dapat membuat performa dari mesin menjadi terjaga dan tentu tarikannya dapat tetap enak untuk digunakan.

BACA JUGA:Ini Spesifikasi Vespa Capres Anies dan Wapres Cak Imin pas lagi di Jombang

 

2. Lepas Aki Pada Motor Vespa Matic Saat Tidak Digunakan Dalam Waktu yang Lama

Salah satu komponen yang pasti dimiliki oleh kendaraan bermotor adalah aki kendaraan. Aki pada motor vespa matic ini dapat diibaratkan juga sebagai baterai.

Aki pada motor sendiri memiliki fungsi untuk menyediakan daya listrik yang diperlukan untuk menghidupkan mesin motor serta sebagai tempat untuk menyimpan energi.

Lepaslah aki pada motor vespa yang dimiliki jika motor tersebut tidak akan digunakan dalam waktu 1 bulan atau bahkan lebih.

BACA JUGA:Scooter Owners Group Palembang (SOG Palembang): Roda Klasik yang Menggetarkan Hati Para Pecinta Vespa

Dengan melepas aki yang terdapat pada motor vespa matic, aliran listrik yang terdapat pada aki motor tersebut akan menjadi terputus. 

Hal ini dapat memberikan dampak yang cukup positif, sehingga dapat membuat lebih hemat akan penggunaan aki pada motor tersebut.

 

3. Lakukan Penggantian Oli Motor Secara Rutin

Oli pada motor perlu untuk diganti secara rutin. Hal ini karena oli dapat berfungsi untuk meminimalisir tingkat kehausan komponen pada mesin motor sehingga dapat mempengaruhi kenyamanan pengendara saat sedang berkendara di jalanan.

Penggantian oli motor sendiri dapat dilakukan 3 sampai 4 bulan sekali. Oli pasti digunakan oleh setiap mesin kendaraan bermotor, sehingga oli dapat menjadi pelumas agar tetap terjadi sirkulasi meskipun motor tidak sedang dinyalakan.

BACA JUGA:Scooter Owners Group Palembang (SOG Palembang): Roda Klasik yang Menggetarkan Hati Para Pecinta Vespa

 

4. Panaskan Motor Vespa Matic Setiap Hari

Motor vespa matic perlu untuk dipanaskan dengan waktu minimal 5 menit setiap harinya. Hal ini bertujuan agar mesin pada motor vespa matic ini dapat selalu terlumasi dengan baik.

Sehingga performa dari mesin motor akan tetap maksimal kapanpun dibutuhkan akan selalu siap untuk digunakan.

Dengan memanaskan motor setiap hari akan membuat oli dapat bersirkulasi dengan baik sehingga pada bagian dalam mesin motor dapat terhindar dari karat.

BACA JUGA:Mengatasi Masalah Brebet pada Motor Beat ESP: Solusi Sederhana tanpa Ganti Komponen

 

5. Periksa dan Lakukan Perawatan Ban Motor

Lakukan juga perawatan pada ban, hal ini dapat membuat motor mampu memberikan performa serta kestabilan yang baik ketika sedang digunakan.

Perhatikan juga tekanan angin yang terdapat pada ban menggunakan alat ukur tekanan ban, ini berguna untuk memastikan keawetan dari ban itu sendiri.

Gunakan juga standar tengah saat motor sedang terparkir di halaman rumah, hal ini agar dapat menghindari tekanan yang berlebihan pada ban dalam jangka waktu lama.

BACA JUGA:Lakukan 5 Hal Ini pada Motor Listrik Anda Agar Menjadi Lebih Awet!

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan dalam melakukan perawatan terhadap motor vespa matic yang dimiliki. Selalu rawat dan jaga kendaraan yang dimiliki seperti halnya merawat diri sendiri.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://www.cekpremi.com