Cegah Erosi dan Jaga Kualitas Udara, Kodim 0404 Muara Enim Lakukan Penanaman Pohon

Cegah Erosi dan Jaga Kualitas Udara, Kodim 0404 Muara Enim Lakukan Penanaman Pohon

Kasdim 0404 Muara Enim Mayor Chb Jauhari melakukan penanaman pohon di Danau Cecuho bersama Pemkab Muara Enim dan Pemdes, Jum’at (8/12/2023).-Yansyah-PALTV

MUARA ENIM, PALTV.CO.ID - Guna menjaga kualitas udara dan cegah erosi, Kodim 0404 Muara Enim melakukan penanaman pohon di area wisata lokal Danau Cecuho yang berada di Desa Muara Lawai, Kabupaten Muara Enim pada hari Jum’at, 8 Desember 2023.

Ada 300 bibit pohon ditanam oleh anggota TNI AD dari Kodim 0404 bersama Pemerintah Kabupaten Muara Enim dan Pemerintah Desa serta masyarakat sekitar.

Kegiatan ini juga dalam rangka Karya Bakti HUT TNI AD dan HUT Kodam II Sriwijaya. Bibit pohon ditanam pada area Danau Cecuho, terutama di bantaran danau untuk mencegah terjadinya erosi tanah atau longsor.

Kasdim 0404 Muara Enim Mayor Chb Jauhari mengatakan, lokasi Danau Cecuho dipilih karena lokasi wisata lokal yang menjadi tempat favorit masyarakat di Muara Enim.

BACA JUGA:Menghadapi Kenaikan Harga BBM: Rekomendasi Sepeda Listrik Terbaik dan Terjangkau

"Kita lihat di area Danau masih kurang adanya penghijauan dan ini dikhususkan untuk pencegahan erosi tanah dari air hujan dan air danau," uajarnya.

Bukan cuma itu saja, penanganan pohon sendiri agar di lokasi danau menjadi pusat penghijauan yang dapat menyaring udara buruk.

Dengan banyaknya pohon akan membuat lokasi menjadi rindang dan nyaman bagi masyarakat untuk berkunjung.

Untuk penanaman pohon ini, Kodim 0404 Muara Enim melibatkan Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Desa bersama masyarakat sekitar.

BACA JUGA:Wajib Tahu! Ini 4 Kriteria Mobil yang Cocok Dikendarai oleh Ibu-Ibu


Anggota TNI dari Kodim 0404 Muara Enim turun menanam pohon dalam rangka Karya Bakti HUT TNI AD dan Kodam II Sriwijaya, Jum’at (8/12/2023).-Yansyah-PALTV

Hal ini dimaksudkan agar ada rasa kesadaran masyarakat untuk melakukan penghijauan dan memelihara pohon untuk kelestarian alam.

"Ayo kita jaga lingkungan agar tetap lestari dengan gerakan menanam pohon di sekitar tempat tinggal. Alam yang lestari akan bisa dinikmati oleh anak cucu dan generasi penerus kita," imbau Kasdim 0404 Muara Enim Mayor Chb Jauhari.

Ada 300 bibit pohon yang ditanam di areal Danau Cecuho dengan berbagai jenis, di antaranya pohon ketapang, pohon jambu mete, dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv