Cara Mudah Cek Kondisi Alternator Atau Dinamo Ampere Mobil Bagus Atau Rusak, Yuk Simak

Cara Mudah Cek Kondisi Alternator Atau Dinamo Ampere Mobil Bagus Atau Rusak, Yuk Simak

Cara Mudah Cek Kondisi Alternator Atau Dinamo Ampere Mobil Bagus Atau Rusak, Yuk Simak--free pik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Memastikan alternator mobil dalam kondisi baik adalah langkah penting dalam pemeliharaan kendaraan Anda.

Alternator mobil bertanggung jawab untuk menghasilkan daya listrik yang diperlukan untuk mengisi aki dan menyuplai listrik ke berbagai komponen mobil.

Jika Anda tidak yakin apakah alternator Anda bekerja dengan baik, ada beberapa metode yang dapat Anda lakukan untuk memeriksanya sendiri.

Salah satu cara termudah adalah dengan menggunakan voltmeter, namun, Anda juga dapat melakukan pemeriksaan tambahan untuk memastikan kesehatan alternator secara menyeluruh.

BACA JUGA: CEO Spotify Nyatakan Segera PHK 17 persen karyawan Spotify

1. Menggunakan Voltmeter

Langkah awal adalah memperoleh voltmeter, yang dapat Anda temukan dengan harga terjangkau di toko suku cadang atau toko perlengkapan otomotif.

Tidak perlu membeli voltmeter yang mahal, versi yang lebih terjangkau sudah cukup untuk tujuan ini.

Jika Anda memiliki multimeter, itu juga bisa digunakan karena dapat mengukur tegangan, arus, dan resistansi. Penting untuk menggunakan fungsi pengukur tegangan/voltase saat memeriksa alternator.

BACA JUGA:Wuling Air ev Raih Penghargaan Best of Battery Electric Vehicle di GridOto Award 2023

2. Periksa Aki Terlebih Dahulu

Sebelum memeriksa alternator, pastikan untuk memeriksa kondisi aki terlebih dahulu. Aki yang lemah dapat menghambat kinerja alternator.

Matikan mesin dan buka kap mesin. Pasang voltmeter pada aki dengan menyambungkan ujung merah pada terminal positif dan ujung hitam pada terminal negatif.

Baca tegangan yang ditunjukkan oleh voltmeter. Jika tegangan masih di atas 12.2 volt, aki masih dalam kondisi baik, dan Anda dapat melanjutkan untuk memeriksa alternator.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber