Seberapa Penting Ground Clearance Pada Mobil? Inilah 3 Fungsinya!

Seberapa Penting Ground Clearance Pada Mobil? Inilah 3 Fungsinya!

Seberapa Penting Ground Clearance Pada Mobil? Inilah 3 Fungsinya --Foto : Freepik.com/azerbaijan_stockers

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Ground clearance mungkin termasuk istilah yang sering didengar oleh para pemilik mobil. Lalu, apa sebenarnya Ground clearance itu?

Ground clearance merupakan jarak terendah yang bisa diukur dari komponen mobil bagian bawah ke permukaan jalanan.

Namun, komponen mobil bagian bawah yang dimaksud ini bukan komponen ban mobil. Hal yang dimaksud yaitu komponen mobil lainnya seperti sasis mobil.

Pada umumnya komponen mobil yang mempunyai jarak terendah atau yang paling dekat dengan permukaan jalanan yaitu center muffler atau exhaust system.

BACA JUGA:Ternyata Inilah 6 Hal yang Menjadi Penyebab Stang Motor Goyang Saat Digunakan Berkendara!

Dari komponen mobil tersebutlah jarak ground clearance yang biasanya akan dihitung. jarak ground clearance ini tentunya akan menjadi sangat penting untuk diperhatikan.

Hal ini dikarenakan jarak ground clearance akan sangat berpengaruh terhadap tingkat keamanan serta potensi kerusakan yang terjadi pada komponen mobil jika digunakan untuk melalui jalanan yang tidak rata.

Semakin tinggi jarak ground clearance maka akan membuat mobil tersebut menjadi lebih aman untuk digunakan berkendara dan mampu untuk menghindari potensi terjadinya benturan akibat batu, kerikil, maupun kondisi jalanan yang tidak rata.

Jika ground clearance ini ukurannya terlalu rendah tentunya akan mengurangi kenyamanan dan bahkan dapat membuat terjadinya kerusakan pada bagian komponen atau body mobil.

BACA JUGA:VinFast Yang Sedang Merevitalisasi Pasar Kendaraan Listrik Berencana Membuka pabrik di Indonesia Tahun Ini.

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan ground clearance pada mobil dan bagaimana cara pengukuran jaraknya.

Lalu, seberapa penting area ground clearance ini? Berikut ini beberapa alasan mengenai pentingnya fungsi ground clearance ini terhadap sebuah mobil sehingga tidak dapat diabaikan begitu saja oleh para pemilik mobil.

 

Menghindari Air Agar Tidak Masuk ke Dalam Mesin Mobil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber