Jangan Cuma Asal Pakai! Yuk Pahami CVT pada Motor Matic, Fungsi, Ciri-Ciri Kerusakan dan Penyebabnya

Jangan Cuma Asal Pakai! Yuk Pahami CVT pada Motor Matic, Fungsi, Ciri-Ciri Kerusakan dan Penyebabnya

Memahami fungsi, ciri-ciri dan penyebab kerusakan pada CVT sepeda motor matic.--instagram.com/@srp_racingproduct

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Continuously Variable Transmission (CVT) adalah komponen integral pada motor matic yang bertanggung jawab atas perpindahan transmisi.

Berbeda dengan transmisi manual yang memerlukan perubahan gigi secara manual, CVT memungkinkan motor matic untuk menyesuaikan rasio gigi secara otomatis. CVT memberikan kenyamanan dan kepraktisan dalam berkendara.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang pengertian CVT, fungsi utamanya, ciri-ciri kerusakan yang mungkin muncul, dan faktor penyebab kerusakan tersebut.

Pengertian dan Fungsi CVT

BACA JUGA:Memahami Perbedaan Antara Aki Kering dan Aki Basah untuk Kendaraan Bermotor

CVT pada motor matic menggunakan prinsip gaya gesek antara pulley sekunder dan pulley primer yang terhubung oleh V-belt.

Operasinya dilakukan secara otomatis dengan menerapkan gaya sentrifugal, yang menjauhi pusat lingkaran.

Fungsi utama dari CVT adalah mempermudah pengendara dalam mengatur kecepatan tanpa perlu melakukan perpindahan transmisi manual.

CVT mengelola perubahan kecepatan dan torsi dengan mulus, memberikan pengalaman berkendara yang konstan dan bebas dari rasa hentakan.

BACA JUGA:Innova Venturer Menggebrak Dengan Upgrade Audio Berkualitas Tinggi: Speaker Hi-Res Jadi Andalannya


Memahami faktor penyebab kerusakan CVT adalah kunci untuk menjaga daya tahan dan performa motor matic.--instagram.com/@srp_racingproduct

Ciri-Ciri Kerusakan pada CVT

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Andi Susanto, terdapat beberapa ciri-ciri kerusakan pada CVT yang dapat diidentifikasi berdasarkan komponennya.

1. Kerusakan pada Roller CVT

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber