Akhirnya Jadi Tersangka! Ketua KPK Firli Bahuri Segera Ditahan

Akhirnya Jadi Tersangka! Ketua KPK Firli Bahuri Segera Ditahan

ketua kpk firli Bahuri yang menjadi tersangka kasus dugaan pemerasan mantan menteri pertanian Syahrul Yasin limpo--(Sumber Foto: instagram @firlibahuriofficial)

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Penyidik Direktorat Reskrimsus Polda Metro Jaya akhirnya pada Rabu malam (22/11/2023), menetapkan status tersangka kepada Komjen Pol (purn) Firli Bahuri yang kini menjabat sebagai ketua KPK

Dalam dugaan kasus pemerasan terhadap mantan menteri pertanian Syahrul Yasin Limpo

Penetapan status tersangka terhadap Firli Bahuri tersebut dilakukan penyidik direktorat Reskrimsus Polda Metro Jaya.

Setelah dilakukannya sejumlah proses penyelidikan yang ditingkatkan menjadi penyidikan hingga dilakukan gelar perkara oleh penyidik direktorat Reskrimsus Polda Metro Jaya. 

BACA JUGA:Musim Hujan! Begini Penanganan Yang Tepat Untuk Motor Listrik Jika Terendam Banjir

Firli Bahuri Purnawirawan Polri dengan pangkat Jenderal Bintang 3 ini, sebelum menjabat sebagai ketua KPK pernah menjabat sejumlah jabatan strategis di Polri diantaranya menjabat sebagai Kapolda NTB pada periode 2017 hingga 2018.

Serta juga pria kelahiran desa Lontar, kabupaten OKU, Sumatera Selatan pernah selama kurang lebih 3 bulan menjabat sebagai Kapolda Sumsel, pada tahun 2019.

Saat itu mantan ajudan wapres Boediono ini, menggantikan seniornya yang juga warga asli Sumsel yakni Irjen Pol (purn) Zulkarnain Adinegara. Selama menjabat sebagai Kapolda Sumsel, Alumni Akpol 1990 Firli Bahuri melakukan sejumlah gebrakan.

Diantaranya pengungkapan ladang ganja seluas 1,5 hektare di desa Sukaraja, kabupaten Muratara, Sumsel. Dimana waktu itu barang bukti yang disita sebanyak 3.700 batang ganja siapa panen. 

BACA JUGA:Beli Mobil Bekas Tapi Takut Ditipu dan Rugi?. Yuk Intip Tips Agar Mendapatkan Mobil Terbaik

Usai menjabat sebagai Kapolda Sumsel selama kurang lebih 3 bulan, Firli Bahuri mendapatkan promosi jenderal bintang 3 Polri dari Kapolri yang saat itu dijabat oleh Jenderal Pol Idham Aziz, guna menggantikan seniornya Komjen Pol Condro Kirono. 

Jabatan Firli Bahuri di Polri sebagai Kabaharkam, tidak berlangsung lama dimana pada tahun yang sama 2019 Firli Bahuri secara resmi dilantik oleh Presiden RI Joko Widodo, sebagai ketua KPK menggantikan Abraham Samad yang telah habis masa jabatannya. 

Kini, di bulan kelahirannya November putra Sumsel ini, terjerat dalam kasus hukum dugaan pemerasan terhadap mantan pertanian Syahrul Yasin Limpo, oleh penyidik direktorat Reskrimsus Polda Metro Jaya.

BACA JUGA:Toyota Avanza Terbaru: Desain Interior Lebih Modern dan Fitur Terkini untuk Pengalaman Berkendara Lebih Mewah 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: